Manfaat Kebudayaan bagi Generasi Muda

Setiap bangsa menganggap bahwa kebudayaan memiliki nilai yang sangat penting, terutama dalam manfaat kebudaayaan bagi generasi muda, karena kebudayaan merupakan tolak ukur suatu peradaban bangsa itu sendiri. Kebudayaan lahir dari rasa, akal dan pikiran manusia yang diaplikasikan ke dalam tindakan nyata kemudian ditiru oleh manusia lainnya sehingga menjadi suatu kebiasaan atau adat.

Pengertian Kebudayaan

Loading...

Kebudayaanpun tidak lahir dari satu sumber saja. Seperti halnya pendapat beberapa ahli mengenai kebudayaan, Bapak Koentjaraningrat menyatakan bahwa kebudayaan merupakan keseluruhan manusia dari kelakuan dan hasil kelakuan yang teratur oleh tata kelakuan yang harus didapatnya dengan belajar dan yang semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat. Sedangkan  E. B. Taylor menuangkan pendapatnya bahwa kebudayaan adalah keseluruhan kompleks yang di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan lain, serta kebiasaan yang didapat manusia sebagai anggota masyarakat.

Kebudayaan juga bersifat abadi, artinya ia akan selalu ada dari dan untuk manusia. Dari sejak lahir manusia sudah mengenal kebudayaan, hal ini menunjukkan bahwa kebudayaan juga bersifat turun temurun. Tetapi kebudayaan yang sudah ada, apakah akan tetap sama atau mengalami perkembangan, tentu tergantung juga dari manusianya itu sendiri. Hal ini pula yang menimbulkan pertanyaan menggelitik, seperti apakah manfaat kebudayaan bagi generasi muda ? Jawabannya pun tentu berbeda-beda dan akan sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia selanjutnya.

Unsur, Fungsi dan Manfaat Kebudayaan

Keberadaan dan perkembangan kebudayaan juga tak lepas dari beberapa unsur, antara lain agama, ilmu pengetahuan, masyarakat, ekonomi dan politik. Setelah itu fungsi dari kebudayaan pun akan dirasakan seperti menjadi pedoman hubungan antar manusia, menjadi tempat curahan rasa dan karsa manusia dan juga sebagai pengaman dari perubahan alam.

Selain unsur dan fungsi dari kebudayaan, maka terasa pula pada sisi lain yaitu manfaat. Bila seseorang, masyarakat atau bangsa sekalipun mengalami tingkat kehidupan yang dinamis dan positif, ini semua berkat manfaat dari kebudayaan.  Manfaat kebudayaan bagi manusia adalah sebagai identitas atau lambang dan juga sebagai ciri khas untuk membedakan manusia berakal dengan makhluk lainnya. Bagaimana dengan manfaat kebudayaan bagi generasi muda saat ini? Tentu ada dan sangat banyak.

Pada dasarnya manfaat kebudayaan telah berpengaruh bagi kehidupan sosial siapapun dan tanpa terkecuali. Hal ini sudah dirasakan manfaatnya secara langsung bagi kehidupan di zaman modern terutama oleh kaum muda, contohnya menggilai teknologi yang semakin canggih, selalu muncul pembaharuan dalam bidang seni dan digandrungi, munculnya persamaan peran antara pria dan wanita, dan istilah-istilah baru seperti eksekutif muda, wirausaha, kaum urban dan sebagainya. Bila sudah seperti itu, masihkah timbul pertanyaan “apakah manfaat kebudayaan bagi generasi muda?”

Loading...
Selanjutnya : Cara Membuat Susu Kedelai Bubuk di Rumah Sendiri
Sebelumnya: Cara JNE Memberikan Kepuasan pada Konsumen dengan Memberikan Layanan Terbaik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar