3 Manfaat Keluarga Berencana (KB)


Mempunyai seorang anak memang menjadi idaman setiap keluarga, namun jumlah anak juga sangat berpengaruh terhadap kelangsungan keluarga tersebut. Dengan demikian pemerintah melakukan program keluarga berencana. Oleh Karena itu pasangan yang baru menikah harus mengetahui manfaat keluarga berencana.

Didalam lingkaran masyarakat, keluarga berencana (KB) masih dianggap sebelah mata atau bahkan dianggap tabu, ini dikarenakan seringkali dihubungkan dengan anggapan bahwa mempunyai banyak anak itu sama dengan banyak rezeki.

Namun pada kenyataannya, masih banyak keluarga yang mempunyai banyak anak berada dibawah garis kemiskinan, itu penyebab dari sulitnya kondisi perekonomian serta tingginya tuntunan kehidupan. Dengan ini maka diadakanlah program keluarga berencana (KB).

Dengan adanya program KB ini, pasangan yang baru menikah bisa lebih berkonsentrasi pada kemantapan kondisi ekonomi, dan setelah itu baru merencanakan untuk memiliki keturunan. Dengan keadaan financial yang lebih baik, keluarga tersebut dapat memenuhi kebutuhan anak mereka secara lebih baik, termasuk dalam merencanakan masa depan anak mereka, terutama masalah pendidikan.

Dengan mengikuti program keluarga yang sesuai dengan anjuran pemerintah, para akseptor atau pemeran utama program KB akan mendapatkan 3 manfaat utama yang optimal, karena memang program KB ini dilakukan sebagai upaya peningkatkan kepedulian dan peran masyarakat dalam mengatur jadwal kelahiran anak, pembinaan keharmonisan keluarga, dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

3 Manfaat utama yang optimal tersebut mencakup pada manfaat terhadap ibu, anak, serta manfaat terhadap keluarga, berikut ini 3 manfaat tersebut :

  • Manfaat terhadap Ibu

a. Mencegah adanya kematian terhadap si ibu
b. Dapat menjaga kesehatan ibu
c. Mencegah kelahiran dan kehamilan yang tidak diinginkan

  • Manfaat Untuk Anak

a. Dapat mencegah kematian terhadap Bayi
b. Dapat meningkatkan kesehatan sang bayi
c. Kebutuhan Air susu ibu akan terpenuhi selama periode 6 Bulan
d. Anak akan mendapatkan kualitas kasih saying yang maksimal
e. Pertumbuhan bayi akan lebih terjamin

  • Manfaat Untuk Keluarga

a. Harmonisme keluarga akan semakin terjaga dan terasa
b. Akan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Itulah manfaat KB yang utama dan optimal yang akan dirasakan pasangan yang sudah menjalankan program KB sesuai yang dianjurkan pemerintah. Semoga anda bisa menjalankan program tersebut dan semoga bermanfaat bagi kesejahteraan keluarga anda.

Selanjutnya : Lagu Nostalgia Indonesia
Sebelumnya: Khasiat Lidah Buaya untuk Keputihan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar