Manfaat Lumut Hati (Marchantia polymorpha)


Ternyata ada sejumlah manfaat lumut hati (Marchantia polymorpha) untuk kesehatan manusia. Ini merupakan bentuk karunia Allah SWT untuk kebaikan umat manusia. Rahasia Allah SWT disimpan pada sepotong flora ini, hanya dengan akal pikiran manusia saja, bisa menyingkap rahasiaNya. Segala panyakit apa saja pasti ada obatnya, tinggal masalah waktu dan keuletan manusia dalam mempelajari ilmunya.

Tentang lumut hati

Lumut merupakan salah satu spesies flora yang tumbuh bebatuan. Jenis tumbuhan ini tak bisa tumbuh pada sembarang tempat, hanya bisa tumbuh ditempat lembab dan sifatnya mungkin musiman.

Ada juga jenis lumut yang tumbuh dalam air, menempel pada pinggir sungai, pinggir kolam. Dalam ekosistem alam, lumut diposisikan sebagai sumber pangan hewan lain seperti ikan, udang dan mahluk lain.

Sedangkan lumut hati dalah salah satu spesies lumut dengan nama latinnya Marchantia polymorpha. Lumut jenis ini hanya tumbuh tempat basah cenderung lembab seperti dinding basah, batuan pinggir sungai dan tempat lain yang sejenis. Mengapa disebut lumut hati? Karena bentuk daunnya menyerupai hati.

Struktur lumut hati terbilang paling lengkap, ada daun, batang dan akarnya. Di sisi lain ukuran lumut jenis ini paling besar dalam keluarga moss. Bahkan sejumlah orang mengira, lumut hati adalah bibit tanaman lain yang masih kecil.

Manfaat Lumut Hati (Marchantia polymorpha)

Sedari dulu lumut hati sudah dipakai sebagai bahan pengobatan tradisional. Masyarakat yang tinggal dipinggir hutan, memanfaatkan lumut ini sebagai penawar racun ular dan serangga.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah sejumlah faedah lumut untuk kesehatan manusia :

  • Obat luka. Lumut hati sejak dulu dipakai untuk mengobati luka terbuka. Lumut mengandung senyawa disfektant yang mampu membunuh bakteri. Jika Anda tengah mendaki gunung atau kegiatan outdoor dihutan, tiba-tiba ada teman yang terluka, cari saja sejumput lumut hati yang tumbuh dipangkal kayu tua. Kemudian ditumbuk halus, dan dibalurkan pada area yang terluka.
  • Penawar racun. Lumut bisa dijadikan obat penawar racun insekta ,lebah dan ular. Caranya ambil sejumput lumut kemudian ditumbuk kasar, lantas dibalurkan di area yang tersengat insekta.
  • Mematikan jentik nyamuk demam berdarah. Baru –baru ini Universitas Gajah Mada merilis laporan tentang hasil penelitian manfaat lumut hati. Ternyata lumut jenis bisa dipakai untuk membunuh telur nyamuk aides agepti, penyebab demam berdarah. Hasilnya lebih efektif dari pada serbuk abate, selain itu serbuk lumut hati lebih aman bagi kesehatan manusia.

Demikianlah ulasan manfaat lumut hati (Marchantia polymorpha).

Selanjutnya : Apakah Maksud Daerah Potensi Wisata itu?
Sebelumnya: GSM Lokal Hp Cross Kamera Bagus
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar