Manfaat Makan Sayur Bening yang Luar Biasa

Semua orang mengetahui pentingnya memakan sayuran setiap hari, karena bermanfaat untuk kesehatan, terutama penceranaan. Berbagai menu sayuran menghiasi kuliner sayuran di Indonesia. Cara penyajiannya pun bermacam-macam, di antaranya sayur kuah berbumbu maupun sayur bening. Namun, tahukah anda manfaat makan sayur bening?

Manfaat Sayur untuk Kesehatan

Memakan sup sayuran yang disajikan dalam keadaan bening tanpa banyak bumbu yang dimasukkan ke dalam sayuran tersebut akan lebih terasa nikmat dan segarnya sayuran itu. Tentunya manfaat sayuran akan semakin terasa. Kandungan gizi yang terdapat dalam sayuran akan utuh bila disajikan dalam keadaan bening, terutama kandungan vitamin C.

Kandungan vitamin C yang terkandung dalam sayuran yang utuh sangat efektif untuk menangkal penyakit serangan jantung koroner. Jantung akan selalu dalam keadaan normal apabila terus disuplai oleh vitamin C yang terdapat pada sayuran.

Kandungan sayuran hijau yang dimasak bening dan tidak terlalu banyak campuran bumbu dibutuhkan tubuh untuk berkerja secara baik. Semakin bening serta hijau sayuran tersebut, maka akan semakin tinggi kadar kalsiumnya. Kalsium sangat dibutuhkan tubuh, terutama untuk kekuatan tulang dan gigi, membuat kualitas tidur semakin baik, serta memperkuat otot dan lainnya.

Kemudian manfaat sayuran selain di atas adalah sebagai obat pencegah diabetes. Dengan sering memakan sayuran bening, maka kandungan gizinya sangat diperlukan untuk melumpuhkan penyakit diabetes.

Berikut ini kandungan nutrisi yang bisa diperoleh dari sayuran.

Potassium

Potassium yang terkandung dalam sayuran baik bagi pelaku diet. Para pakar ahli gizi menyarankan untuk memakan sayuran yang kaya potassium, karena berfungsi untuk membuat tekanan darah normal dan selalu sehat.

Folat

Macam-macam sayuran yang mengandung folat tinggi di antaranya bayam, salada, dan kangkung. Folat sangat baik bagi perempuan. Folat sangat dibutuhkan untuk produksi sel darah merah dan yang terpenting manfaat untuk wanita adalah bisa membuat lebih subur.

Vitamin A

Vitamin A yang terkandung pada sayuran berfungsi untuk membuat mata tetap dalam kondisi yang optimal. Apabila mata terasa kabur, salah satu penyebabnya adalah kekurangan vitamin A, misalnya rabun jauh, rabun dekat, dan penyakit lainnya.

Itulah beberapa nutrisi yang terkandung dalam sayuran dan masih banyak lagi nutrisi lainnya. Untuk penyajian sayuran tersebut, itu semua bergantung pada selera Anda. Namun manfaat makan sayur bening akan lebih terasa bagi tubuh kita. Selamat mencoba!.

Loading...
Selanjutnya : Manfaat Ketimun untuk Kesehatan Tubuh
Sebelumnya: Manfaat Kunyit Putih untuk Mengobati Kanker dan Tumor
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar