Manfaat Mempelajari Bimbingan dan Konseling


Manfaat mempelajari bimbingan dan konseling dalam dunia pendidikan memiliki andil yang cukup besar. Psikologi adalah cabang ilmu yang sering dipelajari dalam bimbingan dan konseling. Hal ini tentunya akan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam dunia pendidikan.

Bimbingan dan Konseling

Ilmu yang ada di dalam psikologi akan membantu kita untuk bisa memahami berbagai masalah yang dihadapi oleh orang lain. Dalam kasus ini adalah masalah yang dihadapi oleh seorang siswa selaku pelajar dalam sebuah sekolah.

Seorang pelajar merupakan masa ketika mereka mengalami perkembangan yang biasanya disebut sebagai masa pubertas. Pada masa ini, bisa dikatakan mereka masih dalam keadaan labil dan tidak bisa menyelesaikan semua masalah dengan sendirinya.

Pada masa ini biasanya juga disebut sebagai masa dimana kondisi kejiwaan anak didik dalam kondisi yang labil. Hal tersebut sangat wajar karena sedang terjadi pertumbuhan hormon yang cukup membuat beberapa emosi dan sikap yang meluap-luap.

Oleh karena itu, diperlukan kehadiran orang lain yang mampu memahami kondisi mereka dan mengeluarkan mereka dari masalah yang dihadapinya. Dengan mempelajari bimbingan dan konseling maka kita bisa mengetahui permasalahan apa saja yang biasa mereka hadapi.

Tidak hanya permasalahan saja yang akan dipelajari tetapi juga kondisi psikologis serta penanganan terhadap anak didik yang sedang mengalami kesulitan. Ada berbagai macam kesulitan yang bisa saja dihadapi oleh seorang peserta didik.

Bisa saja kesulitan yang dihadapi adalah masalah belajar ataupun masalah dalam keluarga. Misalnya saja masalah hubungan orang tua yang kurang harmonis sehingga mengakibatkan anak didik menjadi kurang konsentrasi dan terganggu dalam proses belajarnya.

Dan masih banyak lagi permasalah yang bisa saja dihadapi ketika berada di lapangan. Dengan mengetahui berbagai kemungkinan permasalah yang akan muncul maka kita juga bisa melakukan antisipasi agar permasalahan tersebut tidak akan muncul.

Manfaat mempelajari bimbingan dan konseling akan membantu kita untuk mampu memahami dan memberikan jalan keluar terhadap permasalahan yang akan dihadapi oleh siswa. Jadi sebagai seorang konselor atau penasihat tentunya kita sudah siap ketika menghadapi masalah tersebut.

Selanjutnya : Mengenal Hutan Kerangas
Sebelumnya: Arti Mimpi Dikejar Anjing
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar