Manfaat Penulisan Bagi Penulis


Banyak manfaat penulisan bagi penulis. Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan, banyak manfaatnya dan menjadi sebuah hobi yang tidak akan merugikan. Dengan menulis bisa menambah ilmu, karena tidak akan ada tulisan yang sebelum kita membaca.

Macam-macam Bentuk Tulisan

Menulis banyak macamnya dan sangat beragam. Kalau kita seorang yang suka fiksi, kita bisa menulis puisi, cerpen, atau pun novel. Kalau suka fakta kita bisa menulis artikel, essai, jurnal, makalah, atau karya-karya yang mengandung fakta lainnya.

Menulis itu mudah bagi yang sudah terbiasa. Benarkah? Sebenarnya tidak juga. Kadang orang yang terbiasa menulis pun suka mentok ketika menulis.

Biasanya terhenti menulis itu karena kurangnya informasi yang kita dapat atau kita belum tahu tentang apa yang kita tulis. Sebelum menulis sebaiknya kita membaca banyak referensi yang ada. Kalau sudah terkumpul satukan idenya baru kita rangkai dalaam sebuah tulisan.

Menulis itu bukan karena seratus persen bakat tapi karena kebiasaan. Menulis bisa diasah secara terus-menerus. Intinya jangan bosan, baik menulis fiksi maupun menulis fakta. Orang yang sudah terbiasa menulis pun bila lama meninggalkan penulisan maka akan sedikit susah untuk memulainya kembali.

Menulis tidaklah harus bagus, yang penting rajin. Bisa dimulai dengan satu minggu dua kali, lalu seminggu tiga kali hingga kalau memungkinkan setiap hari. Akan berat memang, tapi kalau sudah terbiasa kita menulis akan mengalir begitu saja apalagi kalau sesuai dengan ilmu yang kita tahu.

Marilah belajar menulis karena dengan menulis kita bisa menyampaikan informasi kepada semua orang. Sebagai perbandingan kalau kita bicara kepada orang maka kata-kata kita tidak akan terserap sepenuhnya, beda halnya dengan tulisan karena tulisan tidak akan menguap. Tulisan itu adalah sebuah senjata yang ampuh untuk menyampaikan informasi kepada orang lain.

Ingin belajar menulis mulailah dengan membaca membaca dan membaca. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya membaca adalah awal dari menulis. Dengan membaca otomatis kita akan gatal untuk segera menulis.

Manfaat penulisan bagi penulis sangatlah penting karena akan terus mengasah skill menulis yang telah ada. Asahlah terus kemampuan menulis kita jangan sampai tumpul.

Selanjutnya : Naskah Drama Legenda Danau Toba
Sebelumnya: Banyak Pelajar Merokok, Mengapa Pelajar Merokok?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar