Memahami Manfaat Salmon bagi Anak

Manfaat salmon bagi anak sangat lah banyak. Salah satu manfaatnya adalah karena salmon mengandung banyak nutrisi sehingga dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan anak. Hal itu benar adanya, sebab salmon mengandung DHA, omega 3, vitamin A, D juga B12. Namun sayang, karena salmon bukan lah ikan yang hidup di perairan Indonesia, ini membuat harga salmon menjadi mahal. Alhasil, hanya golongan ekonomi menengah ke atas lah yang bisa merasakan manfaat salmon bagi anak.

DHA (Decosa Hexaeonic Acid)

Loading...

DHA adalah zat esensial yang diperlukan bagi pertumbuhan otak manusia terutama bagi anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Berdasarkan penelitian, konsumsi salmon sebanyak 2-3 porsi setiap minggu, setara dengan mengonsumsi DHA sebanyak 200mg.

Konsumsi DHA sebanyak itu akan sangat mampu untuk meningkatkan konsentrasi dan kinerja otak. Karenanya, beberapa penelitian kemudian membuktikan bahwa anak yang rajin mengonsumsi salmon, memiliki tingkat konsentrasi dan intelegensia yang lebih tinggi dibanding anak lainnya.

Konsumsi salmon sejak masa kehamilan 20 minggu pun sangat disarankan. Manfaatnya adalah mengurangi risiko pertumbuhan janin abnormal, mempertahankan antioksidan sehingga memperkecil risiko keracunan kehamilan, hingga menurunkan depresi setelah persalinan. Selain itu, DHA yang diserap tubuh ibu hamil, mampu memberikan asupan nutrisi bagi kesehatan otak bayi dalam kandungannya.

Pembentukan Otot

Kandungan protein yang tinggi dalam salmon memang tidak mudah dicerna oleh tubuh seperti halnya karbohidrat. Namun, protein bisa membantu tubuh dalam pembentukkan otot. Sebagaimana diketahui bahwa otot bisa digunakan untuk membantu pembakaran lemak secara maksimal. Karenanya, anak yang memakan salmon dipercaya akan memiliki struktur atau jaringan otot yang kuat dibanding lemak.

Tubuh yang Sehat

Konsumsi salmon pada anak, dianggap mampu mendukung anak dengan penglihatan yang sehat. Mengapa demikian? Sebab salmon mengandung vitamin A, asam amino, asam lemak dan omega 3 yang sangat berkhasiat bagi kesehatan mata.

Di samping itu, asam amino yang terkandung dalam salmon memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan persendian, memaksimalkan fungsi insulin dan mencegah inflamasi pada saluran pencernaan. Dengan demikian, beberapa penyakit seperti kardiovaskular, radang sendi dan diabetes, bisa dicegah secara dini.

Melalui uraian singkat di atas, bisa diketahui mengapa banyak orang tua yang kemudian memaksa anaknya mengonsumsi salmon. Sekali pun mahal, namun manfaat yang dirasakannya adalah jangka panjang. Meski demikian, salmon bukan lah sumber makanan terbaik yang ada di muka Bumi, karena pada dasarnya takada makanan yang superior. Dengan kata lain, kecukupan nutrisi di atas bisa didapat dari sumber makanan lainnya.

Loading...
Selanjutnya : Masyarakat Yogjakarta Merayakan Maulud Nabi dengan Acara Sekatenan
Sebelumnya: Kandungan dan Manfaat Roti Gandum untuk Diet
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar