Manfaat Senam Aerobic Menurunkan Berat Badan dan Pola Makan Sehat

Benarkah ada manfaat senam aerobic menurunkan berat badan? Sebagian orang yang ingin menurunkan berat badan mempertanyakan hal ini. Senam aerobic yang biasa dilakukan oleh para ibu selama ini lebih dikenal sebagai senam untuk menjaga kesehatan dan kebugaran saja. Tak banyak orang yang tahu, bahwa senam aerobic ini bisa dipakai sebagai cara mudah dan murah untuk menurunkan berat badan.

Manfaat Senam Aerobic

Loading...

Senam aerobic dilakukan dengan berbagai gerakan untuk menggerakkan seluruh bagian tubuh. Tak hanya para ibu saja, bapak-bapak, kaum muda hingga anak-anak pun bisa saja mengikuti senam aerobic ini. Senam aerobic ini bisa dilakukan untuk menggantikan olahraga renang, lari ataupun jalan kaki.

Senam aerobic yang dilakukan selama 30 menit bisa membakar kalori sebanyak 300 kalori hingga 400 kalori. Jumlah ini setara dengan berlari sejauh 8 Km. Kemampuan inilah yang membuat senam aerobic memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan.

Tak hanya menurunkan berat badan saja, senam aerobic memiliki sejumlah manfaat lainnya seperti:

  • Meredakan nyeri
    Rasa nyeri di pinggang, punggung, kaki maupun tangan bisa hilang dengan melakukan senam aerobic ini. Sebab dengan melakukan senam aerobic, tubuh manusia akan mengeluarkan suatu zat kimia yang disebut endorfin. Zat kimia ini mempunyai kemampuan meredakan rasa nyeri pada tubuh.
  • Meredakan stress
    Senam aerobic biasanya dilakukan dengan iringan musik. Gerakan-gerakan yang dinamis dan dipadukan dengan musik ini akan membuat tubuh menjadi lebih santai. Begitu pula dengan pikiran.
  • Energi meningkat
    Saat melakukan senam aerobic, ada banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Hal inilah yang membuat seseorang merasa semakin berenergi.
  • Menghilangkan gangguan tidur
    Untuk mengatasi gangguan tidur, sebaiknya lakukan senam aerobic pada pagi hari atau di siang hari. Dengan cara ini, di malam hari tidur pun menjadi lebih nyaman.

Senam Aerobic dan Pola Makan

Manfaat senam aerobic menurunkan berat badan memang sudah tak diragukan lagi. Namun senam aerobic hanya akan membuahkan hasil yang maksimal jika diiringi dengan perbaikan pola makan yang tepat. Berikut ini pola makan yang harus diperhatikan untuk mengimbangi senam aerobic yang dilakukan untuk menurunkan berat badan.

  • Sayuran
    Masukkan sayuran yang berupa daun-daunan yang lebih banyak ke dalam menu makanan sehari-hari. Sayur-sayuran ini akan memperlancar pencernaan dan memenuhi kebutuhan serat pada tubuh.
  • Buah
    Jauhkan camilan-camilan yang tidak sehat berupa makanan-makanan dalam kemasan. Jika ingin mengemil sebaiknya makanlah buah-buahan saja.
  • Protein
    Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Namun jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya perhatikanlah sumber protein yang dikonsumsi. Pilihlah sumber-sumber yang terbaik saja sehingga benar-benar sehat untuk tubuh.
  • Waktu makan
    Perhatikan waktu makan setiap hari. Meskipun ingin menurunkan berat badan bukan berarti harus menghilangkan salah satu waktu makan. Sebaliknya, tetaplah makan secara teratur dan tepat waktu dengan memperhatikan bahan makanan yang dikonsumsi.

Nah, itulah manfaat senam aerobic menurunkan berat badan dan pola makan sehat untuk mendukung senam aerobic. Dengan memadukan dua hal ini, maka berat badan ideal bukan lagi sekedar impian.

Loading...
Selanjutnya : Memilih Paket Wisata Pangandaran Murah Meriah
Sebelumnya: Tutorial Membuat Animasi Format Gif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar