Manfaat Senam Otak

Jenis senam sudah sangat beragam saat ini. senam tak hanya berfokuskan pada gerakan tubuh untuk kelentukan, kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun, sekarang ini, sudah banyak dikenal oleh orang yang dinamakan dengan senam otak. Keberadaan senam otak banyak dilakukan karena memiliki manfaat senam otak tertentu yang dapat diambil.

Senam Otak

Loading...

Yang dinamakan dengan senam otak adalah gerakan tubuh yang dinamis dan kemudian akan memberikan keseimbangan di dalam aktivitas kedua otak secara bersamaan. Gerakan yang ada di dalam senam otak, sejatinya amatlah sederhana dan dapat dilakukan oleh semua orang, bahkan oleh anak-anak.

Inti yang ada di dalam senam otak ini adalah untuk menciptakan keseimbangan dari dua belahan otak manusia, yaitu otak bagian kanan dan otak bagian kiri. Karena terkadang, kebanyakan manusia cenderung untuk lebih memakai otak bagian kanan dengan meninggalkan otak bagian kirinya. Ataupun sebaliknya.

Hal inilah yang kemudian akan menjauhkan manusia dari keseimbangan otaknya. Dengan melakukan gerakan sederhana di dalam senam otak ini maka akan merangsang sistem kerja yang lebih seimbang antara otak bagian kanan dan otak bagian kiri. Dengan ini, dua bagian otak ini akan dipekerjaan secara seimbang.

Manfaat Senam Otak

Terdapat beberapa manfaat yang dapat diambil dari keberadaan senam otak ini. manfaat utama yang diambil dari senam otak ini adalah digunakan pada awal sebuah proses pembelajaran. Dengan melakukan senam otak ini, maka diharapkan semua orang yang akan belajar akan memiliki tingkat konsentrasi yang lebih tinggi sehingga akan lebih mampu untuk melakukan proses pembelajaran yang dimaksudkan.

Dengan ini, maka senam otak akan mampu untuk membantu dalam penyelesaian masalah belajar yang dialami oleh siswa didik. Siswa didik akan memiliki daya ingat yang lebih kuat dan juga mengatasi gangguan belajar yang lain.

Sedangkan, manfaat yang lain dari senam otak ini adalah sebagai berikut ini.

1. Bagi ibu hamil, senam otak berfungsi untuk menghilangkan rasa tegang yang ada. Dalam proses menuju persalinan, dengan melakukan senam otak ini maka akan membuat otot-otot menjadi lebih rileks dan santai.

2. Untuk manula, senam otak diperlukan untuk mencegah datangnya kepikunan lebih awal. Dapat pula dilakukan senam otak sebagai treatment bagi pasien yang telah mengalami stroke.

Inilah beberapa manfaat senam otak yang dapat diambil bagi siapa saja yang melakukan senam otak atau brain gym ini.

Loading...
Selanjutnya : Apa Gejala dan Arti dari Autis?
Sebelumnya: Menalaah Arti Becik Ketitik Ala Ketara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar