Manfaat Setrika untuk Merapikan Pakaian


Setrika merupakan alat rumah tangga yang wajib dimiliki. Manfaat setrika adalah untuk merapikan pakaian setelah dicuci dan dikeringkan. Sebab, saat molekul-molekul polimer di dalam serat pakaian terkena panas, akan lurus karena beban setrika. Sesudah dingin, bentuk lurus ini akan bertahan.
Setelah pakaian disetrika tentunya makin membuat percaya diri dan lebih nyaman waktu dipakai. Selain itu, tumpukan pakaian terlihat lebih rapi. Pakaian yang habis disetrika saat ditumpuk di lemari tampak lebih rapi serta tidak banyak memakan tempat.

Saat ini orang kebanyakan menggunakan setrika listrik. Komponen utama dari seterika listrik terdiri atas elemen pemanas, besi pengumpul panas, tutup dan pegangan setrika, terminal dan kabel penghubung, dan pengatur panas.
Elemen pemanas menjadi sumber panas pada setrika listrik. Bentuknya berupa kawat nikelin yang pipih dan melilit lembaran mika disesuaikan dengan alas seterika. Karenanya, panasnya menyebar dengan merata. Elemen pemanas terhubung dengan badan seterika.

Besi pengumpul panas yang juga alas dari seterika, bentuknya plate dilapisi bahan anti lengket dan anti karat. Bagian ini diupayakan harus tetap bersih sebab bersentuhan langsung dengan pakaian yang diseterika.

Tutup setrika berfungsi melindungi bagian dalam yang dialiri arus listrik dari sentuhan pemakainya. Selain itu, berfungsi menahan panas supaya tidak langsung menyebar ke udara bebas. Pemegang setrika bahannya tidak mengalirkan panas dan arus listrik.

Sementara, terminal berguna menghubungkan antara rangkaian di dalam setrika dan sumber tegangan di kontak-kontak dinding. Sedangkan pengatur panas secara otomatis pada setrika menggunakan komponen tambahan termostat. Komponen ini tersusun dari bi metal, yaitu dua logam lempengan berbeda koefisien muai yang disatukan.

Jadi, bila lempengan logam terkena panas, salah satu dari jenisnya memuai lebih dahulu karenanya lempengan tadi akan membengkok. Arah bengkoknya dimanfaatkan guna melepas atau menghubungkan kontak. Apabila panas berlebihan, kontak akan memutus saat elemen pemanas tidak akan lagi dialiri listrik. Akan tetapi, jika panasnya merendah lagi, kontak menghubung kembali serta arus listrik mengalir kembali melalui elemen pemanas.

Dengan demikian, tingkat kepanasan tertentu setrika bisa dipertahankan sesuai keinginan yang diatur oleh tombol pengatur panas. Begitulah manfaat setrika dan gambaran komponennya. Ayo jangan malas, bikin rapi tumpukan pakaian di lemari Anda.

Selanjutnya : Akhlak Remaja Masa Modern
Sebelumnya: Manfaat Samurai Jepang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar