Manfaat Sholat Istikharah


Terkadang seseorang dihadapkan pada pilihan-pilihan yang berat dalam hidup, baik masalah pekerjaan, masalah jodoh, masalah rumah tangga dan lain sebagainya. Dalam keadaan ragu dan bimbang seperti iti, sebaiknya lakukanlah sholat istikharah. Manfaat sholat istikharah adalah untuk meminta hidayah dari Allah agar bisa memilih dengan tepat dan mantap hati.

Istikharah sendiri berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti memilih atau meminta pilihan terhadap sesuatu. Dengan melakukan sholat istikharah diharapkan seseorang bisa menentukan pilihan dengan tepat sehingga bisa membawa kebaikan di dalam hidupnya dan hidup orang-orang yang berada di sekelilingnya.

Sholat istikharah bisa dilakukan di siang hari atau malam hari asalkan tidak pada waktu yang dilarang untuk melakukan sholat. Tetapi waktu yang paling utama untuk menjalankan sholat istikharah adalah tengah malam sekitar pukul 02.00. Sholat Istikharah dilakukan paling sedikit dua raka’at hingga dua belas raka’at. Untuk mendapatkan petunjuk melalui sholat istikharah, pertama-tama niatkan dalam hati untuk melakukan sholat istikharah. Kemudian ucapkan takbir dengan mengangkat kedua tangan dan lanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah.

Setelah itu lakukan sholat seperti halnya sholat sunnah atau sholat wajib lainnya. Ada baiknya, sesudah membaca surat Al-Fatihah pada raka’at yang pertama lanjutkan dengan membaca surat Al-Kafiruun sebanyak satu kali. Setelah membaca surat Al-Fatihah pada raka’at yang kedua sebaiknya bacalah surat Al-Iklas sebanyak satu kali.

Surat-surat lainnya pun bisa dibacakan sesudah membaca surat Al-Fatihah baik di raka’at yang pertama maupun di raka’at yang kedua. Barulah diurutan yang terakhir lanjutkan dengan memohon petunjuk dan menyampaikan masalah yang sedang dihadapi. Karena sholat ini bersifat pribadi, maka sebaiknya sholat ini dilakukan sendirian dan tidak berjama’ah.

Manfaat sholat istikharah akan sangat dirasakan ketika seseorang berada di persimpangan jalan dan harus memilih jalan yang tepat. Sholat istikharah bisa menghilangkan keraguan dalam menentukan pilihan, terhindar dari kesalahan dalam menjatuhkan pilihan dan memantapkan hati saat mengambil keputusan.

Karena itu pula, setelah menjalankan sholat ini sebaiknya seseorang berpasrah diri sehingga keputusan semata-mata di tangan Allah. Setelah menjalankan sholat istikharah, sebagian orang mendapatkan petunjuk melalui mimpi. Tetapi hal ini tentu tidak selalu terjadi. Masih banyak cara Allah menunjukkan pada kita pilihan tepat yang harus diambil. Untuk itu berpasrahlah kepada-Nya dan gunakan mata hati untuk melihat petunjuk-petunjuk dari-Nya.

Selanjutnya : Suku-Suku di Maluku Dan Sektor Pariwisata Negeri
Sebelumnya: Lebih Untung Peternak Ayam Petelur atau Pedaging ?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar