Manfaat Sungai yang Bersih untuk Menambah Tingkat Ekonomi Masyarakat


Tahukah Anda manfaat sungai yang bersih? Sungai yang bersih dapat menambah tingkat ekonomi masyarakat.

Pernah mampir ke sungai Ciliwung? Maukah Anda mandi di sungai itu? Tentunya jawabannya tidak, karena sungai tersebut kotor. Sungai Ciliwung adalah sungai yang mengalir dan membelah ibu kota Jakarta.

Masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai Ciliwung sebagian besar adalah masyarakat menengah ke bawah.

Setumpuk permasalahan bisa muncul dari hal tersebut. Permasalahan air bersih, pencemaran sampah, diare, disentri, dan penyakit kulit adalah hal-hal yang mudah menghinggapi masyarakat yang tinggal di pinggir sungai kotor.

Prihatin memang. Padahal, jika ditelaah lebih jauh, banyak manfaat dari sungai yang bersih.

Saya pernah melakukan perjalanan ke Inggris dan menikmati nikmatnya kopi di pinggir Sungai Thames. Sungai ini merupakan salah satu dari sekian buah sungai terjernih di dunia.  Sangat bening airnya. Padahal, jika menurut sejarah masa lampau, air di Sungai Thames adalah air beracun.

Konon  sepanjang tahun 1830 – 1860, puluhan ribu orang meninggal karena penyakit kolera. Penyakit ini muncul karena banyak limbah pabrik yang dibuang begitu saja di Sungai Thames. Akibatnya, puluhan ribu orang pun menjadi korbannya.

Peristiwa ini membuat petinggi pemerintah membuat langkah-langkah strategis untuk mengubah situasi sungai. Prestasi mengagumkan pun berhasil diraih oleh pemerintah kala itu. Tumbuhan obat-obatan dijadikan media untuk memfilter air.

Pada tahun 1960 pun dimunculkan undang-undang yang mengatur tentang pengolahan air limbah. Hal ini ternyata membawa perubahan besar di dalam kondisi sungai Thames.

Manfaat sungai yang bersih pun  bisa dirasakan saat ini oleh masyarakat di Inggris. Banyak bermunculan kafe-kafe di pinggir sungai, kapal-kapal pun disediakan untuk para wisatawan yang ingin menyusuri sungai. Persis dengan Sungai Chaopraya di Thailand.

Jika ini kita refleksikan di negara Indonesia, maka ada banyak hal yang bisa kita tarik sebagai pembelajaran. Ada beberapa sungai di negeri ini yang masih penuh dengan limbah, sampah, namun tetap saja digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Sangat mengerikan bukan?

Penyakit bisa bermunculan dan mengganggu kualitas hidup masyarakat. Padahal, jika kita mau dan segenap pihak sepakat, maka kondisi sungai bisa diciptakan lebih baik, bahkan bisa menjadi salah satu pendongkrak ekonomi masyarakat dari sisi pariwisata. Jika hal tersebut sudah dilakukan, manfaat sungai yang bersih bisa benar-benar dirasakan banyak pihak.

Selanjutnya : Fisiologi Pencernaan Amfibi
Sebelumnya: Mengenal Sejarah Pantun di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar