Manfaat Surah Yasin


Pengertian Surat Yasin

Surah Yasin adalah surah yang diturunkan di Mekkah. Surah Yasin ini memiliki 83 ayat dan merupakan surah yang ke-36. Nama surah ini sendiri diambil dari ayat permulaan pada surah yakni huruf singkatan Ya dan Sin. Ya memiliki makna wahai, sedangkan Sin memiliki arti manusia sehingga Yasin maksudnya adalah manusia sempurna.

Manfaat surah Yasin sangatlah banyak antara lain bila dibacakan pada orang yang sedang menghadapi sakaratul maut maka rohnya akan dimudahkan untuk keluar, meringankan siksa dalam kubur, menghalau kejahatan, dimudahkan mendapatkan jodoh, menghilangkan rasa takut, memperoleh kegembiraan sepanjang hari, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Menurut sabda Nabi Muhammad Saw, membaca surah Yasin satu kali setara dengan membaca Al-Quran sepuluh kali. Sedangkan inti dari surah Yasin terletak pada ayat 12 sehingga Rasulullah sangat mengharapkan umat muslim menghafalkan ayat tersebut.

Bila dicermati dalam setiap ayatnya, ada begitu banyak kelebihan dalam surah Yasin. Pada ayat 1 hingga 9 terkandung doa untuk keselamatan diri. Ayat 22 hingga 23 cocok digunakan sebagai doa untuk hidayah bagi anak-anak sebab ayat ini dipakai untuk menjaga aqidah. Selanjutnya ayat 30 untuk meningkatkan keinsafan dan memohon agar Allah selalu berada di dalam hati. Sedangkan ayat 49 menggambarkan mengenai akhirat dan kehidupan saat itu. Ayat inilah yang mengingatkan kita untuk menjaga hidup, tak mementingkan duniawi dan melakukan amalan serta pertobatan untuk bekal di kehidupan akhirat.

Surah Yasin ini di dalam hadits disebut sebagai jantung Al-Quran. Sebab dengan adanya surah Yasin, maka Al-Quran memancarkan cahaya yang terang dan menuntun umat manusia di jalan yang benar. Begitu pentingnya surah Yasin, maka tak mengherankan bila ada begitu banyak manfaat surah Yasin.

Mengingat begitu pentingnya surah Yasin dan begitu banyak manfaatnya, maka sejumlah sekolah Islam setiap pagi sebelum memulai kegiatan belajar mengajar mewajibkan para siswa-siswinya untuk membaca surah Yasin. Rutinitas ini tak hanya bertujuan membangun kepribadian Islam pada para siswa dan siswi tetapi juga agar di sepanjang hari dikaruniakan kegembiraan dan kelancaran dalam menuntut ilmu.

Selanjutnya : Kelebihan dan Kekurangan Motor CS1
Sebelumnya: Kerajinan Tangan Sulam Pita Sarana Wirausaha
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar