Manfaat Telur Ayam Setengah Matang


Di kalangan masyarakat umum sudah mengenal manfaat telur ayam setengah matang bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Telur ayam setengah matang sering dikonsumsi oleh orang-orang yang mempunyai aktifitas berat dan aktif.

Bahkan sering diberikan kepada anak-anak untuk menjaga kesehatan tubuh dan perkembangan otaknya. Telur setengah matang dapat langsung dikonsumsi atau dicampur dengan susu atau jamu.

Telur ayam mengandung fosfor, besi, lemak untuk pertumbuhan, protein untuk pertumbuhan, asam amino untuk pertumbuhan tubuh, vitamin D untuk pembentukan tulang, vitamin E untuk mengurangi kerusakan tubuh akibat radikal bebas, selenium untuk pembentukan kualitas sperma, vitamin B12, vitamin B6, dan asam folat untuk pembentukan saraf.

Pemilihan telur ayam yang baik dan layak dikonsumsi yaitu cangkang telur bersih dari kotoran dan tidak retak, posisi kuning telur berada di tengah jika diteropong, jika di dalam air telur tidak mengapung dan tidak berbau busuk.

Telur ayam setengah matang bermanfaat untuk mata karena mengandung beta karoten, zat lutein, dan zeaxanthin yang menjaga kesehatan mata, dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet matahari, mengurangi resiko katarak dan mengurangi penyebab kebutaan yang biasa diderita pada usia lanjut.

Pemberian telur ayam setengah matang pada anak-anak dan ibu hamil sebaiknya dihindarkan karena untuk menghindari keracunan akibat kontaminasi bakteri Salmonella, menghindari reaksi alergi pada anak-anak dan menghindari terjadinya toxoplasma pada ibu hamil.

Pencernaan anak-anak yang belum sempurna dan masih rentan dibandingkan dengan pencernaan dewasa dapat menyebabkan mudahnya kontaminasi bakteri Salmonella.

Gejala keracunan Salmonella seperti demam, diare, kram perut, dan kejang dapat dihindari dengan mengkonsumsi zat antioksidan, glukosamin, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E.

Konsumsi telur ayam setengah matang sebaiknya paling banyak 4 butir telur seminggu untuk menghindari penumpukan kolesterol yang banyak terdapat pada kuning telur. Kandungan kolesterol ini dapat menyebabkan penyakit jantung koroner terutama pada usia lanjut di atas 40 tahun.

Manfaat telur ayam setengah matang yang lain adalah mengganti energi yang sudah hilang, menjaga stamina, menjaga kebugaran, mengatasi kelelahan, mengencangkan kulit, melembabkan kulit, mengecilkan pori-pori, mengatasi kerusakan rambut, menyembuhkan penyakit maag, jantung koroner, dan usus besar.

Selanjutnya : Empat Teori Proses Pembentukan Bumi
Sebelumnya: 40 Soal Pengetahuan Umum Dunia untuk Sekolah Dasar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar