Mengenal Manfaat Termosfer dan Lapisan-lapisan Atmosfer


Lapisan termosfer adalah salah satu lapisan pada atmosfer yang menyelubungi bumi. Termosfer merupakan lapisan keempat dari lima lapisan atmosfer bumi. Atmosfer bumi terdiri dari lapisan troposfer, lapisan stratosfer, lapisan mesosfer, lapisan termosfer dan lapisan eksosfer. Lapisan termosfer sendiri berada di ketinggian 100 Km hingga 800 Km. Lapisan termosfer juga disebut sebagai lapisan ionosfer sebab pada lapisan ini terjadi proses ionisasi. Manfaat termosfer adalah untuk membantu memancarkan gelombang radio jarak jauh sebelum satelit digunakan. Lapisan ini memiliki muatan listrik akibat radiasi matahari karena itulah gelombang radio bisa merambat di lapisan ini.

Pada lapisan termosfer ini pula kerap muncul fenomena aurora. Fenomena aurora terjadi di kutub utara atau di kutub selatan di kala fajar atau di saat senja. Aurora berbentuk cahaya warna-warni yang berpedar indah dan anggun di langit. Fenomena aurora terjadi sebagai akibat pembelokan partikel anginĀ  matahari ke arah kutub dan sebagai akibat adanya reaksi dari molekul-molekul atmosfer. Fenomena aurora ini menjadi fenomena alam yang menakjubkan di langit dan membuat siapa saja yang melihatnya terkagum-kagum.

Manfaat dari Termosfer

Secara umum, manfaat dari termosfer dan lapisan-lapisan lainnya pada atmosfer bagi kehidupan adalah untuk melindungi manusia dan makhluk hidup di bumi dari radiasi matahari. Sebab bila lapisan-lapisan ini tidak ada, maka manusia dan mahluk hidup lainnya akan terpapar radiasi sinar matahari secara langsung yang bisa membahayakan kesehatan.

Lapisan-lapisan atmosfer juga melindungi bumi dari benda-benda angkasa yang berjatuhan, menjaga suhu bumi sehingga bumi nyaman ditempati makhluk hidup dan menjaga kelangsungan munculnya cuaca seperti hujan, panas, berawan dan angin. Atmosfer di bumi terdiri dari beberapa campuran gas yang disebut udara.

Di dalamnya terkandung oksigen, nitrogen dan beberapa zat lainnya. Porsi yang paling besar adalah nitrogen, lalu oksigen dan diikuti oleh beberapa zat lainnya. Mengingat pentingnya lapisan-lapisan atmosfer bagi kehidupan di atas bumi, maka sudah semestinya manusia menjaga atmosfer ini dengan melakukan gerakan penghijauan, menggunakan benda-benda yang ramah lingkungan dan mengurangi gas buang yang berbahaya bagi atmosfer.

Itulah manfaat termosfer.

Selanjutnya : Cara Download File di Forum Indowebster
Sebelumnya: Facebook: Media Penyimpangan Sosial?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar