Manfaat Tikus Bagi Kehidupan


Manfaat tikus bagi kehidupan sehari-hari sangat banyak sekali tanpa kita sadari. Dalam kenyataannya tikus adalah salah satu hewan pengerat yang sangat menjijikkan, karena membawa berbagai macam virus, bakteri penyakit dan juga suka mengganggu manusia.

Tikus suka memakan apa saja yang ada dihadapannya. Karena giginya yang sangat kuat, sehingga mampu menghancurkan apapun yang ada.

Jadi rasanya sangat sulit sekali apabila mau mengusir tikus atau membasmi tikus. Hewan peliharaan yang biasanya suka makan tikus seperti kucing terkadang enggan mau makan tikus karena ukuran tubuhnya yang cenderung lebih besar tikus dari pada kucing.

Tikus termasuk kedalam hewan mamalia, karena tikus berkembangbiak dengan cara beranak. Hampir di setiap negara terdapat tikus dan tidak bisa di hindari lagi dengan hewan yang satu ini.

Ada beberapa jenis tikus yang sering dijumpai, seperti tikus sawah, tikus got, tikus rumah dan juga celurut. Tikus sawah ini biasanya terdapat di sawah dan sering sekali menganggu pak tani dengan makan padi.

Tikus got bentuknnya lebih condong gemuk-gemuk dan besar, ukurannya hampir sama dengan kucing balita. Tikus jenis ini hidup di dalam got dan memakan segala yang ditemui. Sedangkan tikus rumah adalah tikus yang sering menganggu orang seisi rumah karena suka mengerat dan juga makan apapun ynag ada. Selain itu juga membawa bau dan kotoran yang sangat menyengat sama halnya dengan celurut dan menyebarkan kotorannya dimana-mana.

Manfaat tikus bagi kehidupan juga sebagai sumber penghasilan. Meskipun tikus termasuk hewan yang menjijikkan, namun kulitnya bisa di ambil untuk bahan kerajinan kulit seperti dompet, ikat pinggang bahkan di luarnegeri bisa menjadi sarung golf. Sangat menarik bukan? Tidak selamanya tikus membawa dampak negatif.

Selain itu tikus juga digunakan oleh orang-orang medis untuk bahan eksperimen dalam membuat suatu obat. Mengunakan tikus karena beberapa alasan, seperti mudah di dapat, sangat murah dan juga tidak sulit.

Seorang peneliti akan mencoba hasil penelitiannya ke hewan pengerat ini terlebih dahulu untuk mendiagnosa gejala-gejala yang akan terjadi sebelum di sebarkan dan dipergunakan untuk manusia.

Kandungan daging tikus banyak mengandung zat-zat protein dalam tubuh. Dengan kandungannya tersebut, tikus ini menjadi santapan lezat bagi orang-orang yang berada di Sulawesi Utara dan juga di negara Afrika.

Karena kandungan di dalam daging tikus bisa menjadi obat kanker dan juga antioxsidant. Tikus putih juga bisa dibuat sebagai hewan peliharaan dengan di taruh di dalam sangkar. Selain sebagai hewan pengganggu yang menggemaskan hampir semua orang karena tingkah lakunya.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa manfaat tikus bagi kehidupan ada beberapa yaitu sebagai bahan eksperimen dalam menemukan obat dan juga bisa di konsumsi sebagai obat kanker karena kandungan dalam dagingnya. Dan kulitnya juga bisa menghasilkan uang, sebagai bahan dasar kerajinan.

Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Seorang Muallaf Menurut Islam
Sebelumnya: Pengaruh Pertentangan Orang Tua Anggun C. Sasmi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar