Manusia dan Tugasnya Sebagai Khalifah di Muka Bumi

Manusia diciptakan oleh Allah sebagai khalifah di bumi. Maksudnya adalah Allah menciptakan manusia dan tuganya sebagai khalifah yang menguasai dan memelihara semua isi bumi. Manusia dan tugasnya sebagai Khalifah di muka bumi ini diperkenankan oleh Allah untuk menguasai dan memanfaatkan segala isi bumi untuk kemaslahatan dan kebaikan bumi itu sendiri, sebagai bukti keimanan manusia itu kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Beberapa tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi antara lain adalah sebagai berikut.

1.    Manusia sebagai pemimpin bagi dirinya sendiri.

Loading...

Sebelum berbuat untuk memimpin orang lain, hendaklah manusia itu dapat memimpin dirinya sendiri dulu. Maksudnya adalah ia harus bisa menguasai nafsunya, mengendalikan pikirannya agar segala sesuatu yang dipikirkan adalah tentang hal positif dan merupakan kebaikan, sehingga tidak memiliki kecenderungan untuk menjadi perusak di muka bumi.

2.    Manusia sebagai penjaga alam dan menyayanginya.

Alam adalah tempat di mana manusia itu tinggal dan mempertahankan kelangsungan hidupnya. Oleh karena itu, sudah seharusnya manusia menyayangi alam tempat di mana ia tinggal dan mendapatkan segala kebutuhan hidupnya.

Pemanfaatan segala macam sumber daya alam oleh manusia seharusnya diimbangi dengan usaha untuk pelestariannya karena jika alam hanya dimanfaatkan secara maksimal tanpa ada usaha peremajaan, seperti penebangan hutan tanpa usaha reboisasi, maka hutan akan habis dan yang terkena dampak buruknya manusia juga. Karena alam yang rusak tentu tidak akan menjadi tempat hidup yang layak, jika seluruh alam ini rusak bagaimana manusia bisa hidup dan tinggal?

3.    Manusia bertugas sebagai yang memakmurkan alam.

Memakmurkan alam adalah memelihara dan mengembangkan potensi alam semaksimal mungkin dengan tetap berusaha menjaga keberadaan dan ketersediaannya agar tetap dapat menjadi faktor penting dalam menyokong kelangsungan hidup manusia.

Semua isi bumi seperti hewan, tumbuhan, air, tanah, gunung lautan, hutan, dan segala macam barang tambang di dalam perut bumi merupakan pemberian Allah untuk dimanfaatkan oleh manusia agar dapat bertahan hidup hingga banyak generasi. Oleh karena itu, kemakmuran alam berarti kemakmuran bagi manusia itu juga.

Allah menciptakan manusia dan tugasnya sebagai khalifah di muka bumi. Khalifah adalah pemimpin yang tugas utamanya adalah memastikan semua hal yang ada di bawah kepemimpinannya ada dalam kondisi yang baik. Jadi, berbuat baiklah selama kita hidup di muka bumi ini.

Loading...
Selanjutnya : Akibat Bila Lapisan Ozon Menipis
Sebelumnya: Akhlak Remaja Masa Modern
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar