Manusia Purba Homo di Indonesia


Manusia purba Homo di Indonesia tergolong banyak, karena Indonesia termasuk negara yang pernah menjadi tempat hidup manusia purba. Beberapa jejak spesies manusia purba pernah ditemukan di sejumlah tempat di tanah air.

Manusia purba jenis Homo yang ada di Indonesia antara lain Homo Soloensis, Homo Mojokertensis, Homo Robustus, dan Homo Wajakensis.

Pemberian nama manusia purba jenis Homo ini memang disesuaikan dengan tempat penemuan fosilnya.  Pada kesempatan ini, kita akan menyimak penjelasan masing-masing jenis manusia purba spesies Homo tersebut.

Homo Soloensis

Fosil Homo Soloensis ditemukan oleh Von Koenigswald, Oppenoorth, dan Ter Haar pada kurun waktu antara 1931 hingga 1933, tepatnya di daerah Blora dan Sragen, Jawa Tengah.

Fosil manusia purba tersebut ditemukan pada lapisan atas Pleistosen. Mereka diprediksi hidup pada 900 ribu hingga 300 ribu tahun silam.

Sejumlah ciri yang terdapat pada Homo Soloensis antara lain volume otaknya berkisar antara 1.000 hingga 1.200 cc, memiliki tinggi badan antara 130 hingga 210 cm, mengalami penyusutan pada bagian otot tengkuk, bentuk muka tidak lagi menonjol ke depan, bisa berdiri tegak sebagaimana Pithecantrophus Erectus tapi cara berjalannya lebih sempurna.

Oleh karena itu, Von Koeningswald menyatakan Homo Soloensis lebih tinggi tingkatannya daripada Pithecantrophus Erectus.

Homo Mojokertensis

Fosilnya ditemukan di daerah Perning antara 1936 hingga 1941. Penemunya adalah Duifjes dan Tjokrohandojo.

Homo Robustus

Fosil Homo Robustus ditemukan di Sangiran, tepatnya di lembah Bengawan Solo. Sesuai namanya, Homo Robustus berarti manusia purba yang gagah dan perkasa. Fosilnya ditemukan oleh Von Koeningswald pada 1936.

Homo Wajakensis

Ditemukan di daerah Wajak Tulungagung oleh Van Riestchoten pada 1889 dan merupakan fosil manusia purba pertama yang berhasil ditemukan di Indonesia.

Ciri-ciri fisik Homo Wajakensis mirip Homo Soloensis. Yakni tinggi badan mencapai 130 hingga 210 cm dengan volume otak sebesar 1.300 cc.

Dari kesemua jenis manusia purba jenis Homo di Indonesia tersebut, Homo Wajakensis dan Homo Soloensis termasuk jenis manusia purba yang paling modern karena menyerupai manusia sekarang.

Hanya saja kehidupannya masih nomaden dan sangat sederhana. Itulah profil manusia purba Homo yang pernah hidup di Indonesia.

Selanjutnya : Pentingnya Menuntut Ilmu Menurut Agama Islam
Sebelumnya: Kebijakan Pemerintah Yang Berkaitan Dengan Pendidikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar