Memahami Nama Marga Korea


Kebudayaan Korea saat ini seakan menjadi penarik bagi siapa saja di dunia ini terutama mereka yang sedanag menggilai K-Pop atau genre musik dari Korea yang sekarang ini sedang mendunia. Tak hanya mengenai musik saja, namun segala sesuatu mengenai Korea ingin diketahui, salah satu hal adalah bagaimana penggunaan nama dan marga Korea oleh penduduk Korea sendiri.

Marga Korea

Sejatinya, bagian dari penduduk yang disebut dengan Korea adalah mereka yang tinggal di Negara Korea Utara dan Korea Selatan. Keduanya adalah dalam satu rumpun. Hanya saja, akibat perpecahan dan perbedaan dalam berbagai hal maka seakan yang dikenal dari sebutan Korea adalah masyarakat yang berasal dari Korea selatan saja.

Salah satu penunjukan budaya yang ada dan dipakai oleh kebanyakan dari penduduk Korea adalah penggunaan nama marga pada nama mereka. Nama dari sebagian besar penduduk Korea terdiri atas dua hal yaitu nama marga dan juga nama kecil.

Nama marga ini adalah nama yang menunjukan silsilah atau dasar keluarga dari si pemilik nama. Penggunaan nama marga ini telah begitu lama dilakukan oleh penduduk Korea hingga saat ini. Namun, justru lamanya sejarah dalam penggunaan nama marga inilah yang membuat seakan nama marga menjadi punah. Banyak sekali nama marga yang telah punah.

Saat ini, di Korea hanya tersisa tiga kelompok besar dari nama marga yang ada. Untuk memahami hal ini mungkin kita dapat menganalogkan dengan nenek moyang terdahulu dari seseorang. Jika ia merupakan keturunan dari satu generasi maka ia akan memakai nama marga yang ada pada generasi tersebut. Tiga nama marga yang masih banyak dipakai di Korea adalah Kim, Lee dan Park.

Ketiga nama marga inilah yang mewakili sebagian besar jumlah penduduk yang ada di Korea. Kebanyakan dari mereka menggunakan nama marga ini. Nama marga ini juga menunjukan bagaimana kedekatan klan yang ada diantara penduduk yang menggunakan nama marga yang sama.Itulah bagaimana jika kita ingin untuk memahami nama marga Korea yaitu nama keluarga atau nenek moyang yang digunakan oleh penduduk Korea di dalam namanya saat ini.

Selanjutnya : Arti Bagian dari Sel Tumbuhan
Sebelumnya: Macam-macam Metode Penerjemahan Bahasa Inggris
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar