Marketing Mix dalam Bahasa Indonesia


Istilah marketing mix dalam bahasa Indonesia adalah bauran pemasaran. Bagi yang pernah belajar pemasaran, tentunya istilah tersebut sudah bukan lagi hal yang baru. Bauran pemasaran didefiniskan sebagai seperangkat alat marketing yang dimanfaatkan atau digunakan perusahaan dalam upayanya untuk mencapai tujuan atau goal di pasaran yang dituju.

Ada banyak sekali perdebatan terkait ada berapa unsur dalam marketing mix atau bauran pemasaran. Sebagian ahli berpendapat ada 4 unsur yang sangat penting untuk dimiliki yakni product atau produk, price atau harga, promotion atau promosi, serta place atau tempat. Akan tetapi, sebagian ahli marketing yang lain memiliki pendapat yang sedikit berbeda, mereka menyebut ada 7P atau 7 unsur yakni 4 unsur tersebut dan masih ditambah lagi dengan people, process, dan physical evidence.

Unsur-unsur dalam Marketing Mix

Pengertian dari setiap unsur yang terdapat di dalam marketing mix, yaitu:

  • Product adalah barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan mereka. 
  • Price adalah harga yang harus dibayar oleh konsumen untuk dapat memiliki atau mendapatkan product yang ditawarkan. Unsur ini sangat penting dalam pemasaran karena akan menjadi tolok ukur pengambilan keputusan oleh konsumen untuk membeli atau tidak product yang ditawarkan.
  • Place adalah deskripsi atau penjelasan yang bisa diakses oleh konsumen jika ingin mendapatkan product yang ditawarkan. Semakin strategis lokasinya maka semakin baik.
  • Promotion merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut untuk mengenalkan atau mengomunikasikan kepada pasar terkait product yang mereka tawarkan. Promotion ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan, mendeskripsikan, memengaruhi, membujuk atau menarik minat konsumen untuk dapat membeli product yang dimaksud.

Tiga unsur tambahan yang banyak dikemukakan oleh sebagian ahli marketing sejatinya sudah termasuk ke dalam keempat unsur utama tersebut. Baik people, process, maupun physical evidence dalam hal ini bukan berdiri sendiri tetapi sudah menjadi satu kesatuan yang tercakup di dalam keempat poin utama.

Pada intinya, penerapan marketing mix menjadi satu kebutuhan penting yang harus bisa dipenuhi oleh perusahaan jika ingin berhasil menggaet minat konsumen. Dengan berpatokan dengan keempat atau ketujuh poin tersebut di atas, maka strategi pemasaran yang dijalankan akan dapat berjalan dengan baik dan membuahkan hasil yang diinginkan.

Demikian penjelasan istilah marketing mix dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Langkah Efektif Budidaya Brokoli Organik
Sebelumnya: Macam-Macam Personal Protective Equipment Alat Pelindung Kerja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar