Perhitungan Lamanya Masa Nifas dalam Hukum Islam


Islam adalah agama yang sempurna dan lengkap, karena memberikan aturan yang jelas dalam setiap aspek kehidupan.

Hal-hal mendetail seperti yang dialami oleh perempuan juga mendapatkan aturan dan penjelasan dalam islam, termasuk salah satunya adalah yang mengatur tentang masa nifas.

Nifas dalam konteks syariah berdasarkan pendapat keempat imam madzhab yakni Imam Syafii, Hanafi, Maliki dan Hambali, adalah darah yang keluar setelah kosongnya rahim dari kehamilan karena proses persalinan.

Dalam hal ini Imam Hambali berbeda pandangan sedikit dengan mengatakan darah yang keluar 2-3 hari sebelum persalinan juga termasuk dalam nifas.

Perbedaan pendapat mengenai darah yang keluar sebelum persalinan apakah termasuk darah nifas atau tidak,  juga menjadi menimbulkan pendapat dikalangan para ulama di masa kini.

Namun, bagi anda silahkan pilih mana madzhab yang diyakini karena setiap madzhab tentu mempunya argumentasi dan dalil kuat yang mendukungnya.

Aturan Lama Waktu Nifas

1. Batas Minimal Waktu Nifas

Secara umum, semua ulama dan ahli fiqih memiliki kesamaan pendapat bahwa tidak ada batas minimal waktu berlangsungnya nifas karena lamanya nifas berbeda-beda pada setiap wanita.

Bahkan di masa Rasululah saw terdapat wanita yang tidak mengeluarkan darah nifas setelah melahirkan, dan ia disebut sebagai dzat  al-jufuf (perempuan yang kering).

Adapun pendapat dari Imam AtsTsauri mengatakan minimal nifas berlangsung 3 hari, sedangkan Imam Al Mazni menyebutkan minimal nifas 4 hari.

Dari pendapat-pendapat yang ada, pada akhirnya ahli fiqh tetap menyepakati bahwa tidak adanya batasan minimal darah nifas.

2. Batas Maksimal Waktu Nifas

Mayoritas Imam Madzhab bependapat sama bahwa lama waktu nifas berlangsung selama 40 hari. Dan jika darah tidak  terhenti setelah 40 hari, maka perempuan tersebut tetap harus melaksanakan kewajibannya selayaknya ia sudah suci seperti shalat, puasa, dan sebagainya.

Masa Nifas

Mengenai batasan maksimal lama waktu darah nifas, terjadi perbedaan pendapat diantara para ulama.

Misalnya saja pendapat dari Imam Syafii dan Imam Nawawi yang mengatakan maksimal darah nifas keluar selama 60 hari.

Namun yang paling kuat adalah selama 40 hari karena didukung oleh fakta adanya hadits yang menguatkan.

Islam memberikan aturan yang jelas tentang masa nifas, aturan tersebut meliputi ketentuan lama waktu nifas dan hal-hal yang boleh serta tidak boleh dilakukan oleh wanita nifas terutama terkait dengan kegiatan ibadah.

Selanjutnya : Pesona Tempat Wisata di Tokyo
Sebelumnya: Artikel Ilmiah tentang Penulisan Abstrak Bahasa Inggris
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar