Masa Pemerintahan Abdurrahman Wahid


Indonesia merupakan negara dengan sistem pemerintaha presidensil yang artinya kepemimpinan berada di tangan presiden. Semenjak kemerdekaannya pada tahun 1945, Indonesia telah mengalami pergantian presiden sebanyak enam kali. Pada tulisan kali in akan dibahas mengenai masa pemerintahan Abdurrahman Wahid.

Abdurrahman Wahid adalah presiden keempat Indonesia yang memimpin Indonesia setelah BJ. Habibie dan wakil presidennya adalah Megawati Soekarno Putri.

Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gusdur ini merupakan salah satu presiden Indonesia dengan kharismanya yang cukup hebat selama memimpin Indonesia.

Di masa pemerintahannya, Gusdur dilingkupi berbagai masalah yang merupakan warisan dari masa orde baru, antara lain masalah korupsi, kolusi, dan nepotisme, masalah inflasi, penegakan hak asasi manusia, masalah umat beragama, masalah BUMN, dan berbagai macam masalah lainnya.

Namun, meskipun banyak sekali masalah yang harus diselesaikan, Abdurrahman Wahid tetap tenang dan menoba menyelesaikannya satu-persatu melalui kebijakan-kebijakan yang dikeluarkannya.

Hal pertama yang dilakukan oleh Abdurrahman Wahid adalah dengan membentuk kabinet kerja. Selanjutnya membentuk dewan ekonomi nasional yang berwenang di bidang ekonomi.

Pembentukan dewan ekonomi nasional ini diharapkan dapat mengatasi masalah perekonomian yang terjadi, khususnya masalah inflasi yang terjadi di Indonesia.

Selain itu, untuk masalah lain, yaitu untuk masalah antar umat beragama, Abdurrahman Wahid menetapkan agama Kongucu yang diperbolehkan.

Hal ini ditandai dengan adanya perayaan Barongsai yang diperbolehkan. Selain itu, menetapkan tahun baru imlek sebagai hari libur nasional. Hal ini semakin mengokohkan toleransi antar umat beragama.

Namun, selama masa pemerintahannya, Abdurrahman Wahid pernah mencoba untuk membubarkan partai golkar karena dianggap sebagai warisan pada masa pemerintahan orde lama. Namun, hal tersebut tidak bisa terwujud karena dianggap bertentangan dan tidak memiliki kekuatan hukum.

Abdurrahman Wahid merupakan presiden yang dipilih oleh anggota dewan perwakilan rakyat dari partainya yang bernama Partai Kebangkitan Nasional (PKB). Abdurrahman Wahid merupakan sosok yang hebat di mana ia membaca situasi sekalipun dalam keadaan yang serba terbatas.

Namun, sayangnya masa pemerintahan Abdurrahman Wahid ini tidak berlangsung lama, yaitu haya sekitar 3 tahun saja dan selanjutnya digantikan oleh wakilnya, yaitu Megawati Soekarno Putri.

Semoga tulisan mengenai masa pemerintahan Abdurrrahman Wahid ini bisa menambah pengetahuan Anda mengenai perjuangan salah satu tokoh pahlawan di Indonesia.

Selanjutnya : Tips Memilih Jasa Pengawasan Baby Sitter
Sebelumnya: Laporan Bisnis–Efektif dan Efisien
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar