Masakan Padang di Kota Malang

Masakan Padang di kota Malang rasanya mungkin tidak sama dengan masakan Padang di kota Padang. Biasanya masakan Padang di kota-kota di Pulau Jawa itu sudah disesuaikan dengan lidah orang-orang di daerah tersebut. Rasa masakan Padang tersebut tidak terlalu asin dan gurih melainkan sedikit manis dengan santan yang tidak terlalu kental. Tingkat pedas masakan Padang, untuk orang Malang, tetap saja cukup ‘menendang’ alias pedas. Orang Malang sepertinya tidak masalah dengan tingkat pedas masakan Padang.

Jenis Masakan Padang yang Ada di Malang

Loading...

Jenis masakan Padang di Kota Malang tidak berbeda jauh dengan masakan Padang di daerah lain. Daun singkong rebus atau kacang panjang dan kubis rebus menjadi menu wajib. Sambal ijo, masakan kuning bersantal dengan rasa gurih dan pedas, pergedel, ikan sambal balado, dan lain-lain.

Peyek udang, kerupuk kulit atau kerupuk udang menjadi pelengkap. Air minum yang disediakan biasanya teh tawar, teh manis hangat, es jeruk, kopi, es jeruk panas. Aneke jus terkadang ada juga. Bahkan ada rumah makan Padang yang menyediakan sate Padang dan soto Padang.

Harga makanan di restoran Padang ini standar saja. Apalagi Malang terkenal juga dengan banyak mahasiswa. Sebungkus nasi Padang dengan lauk lele goreng atau lele bakar mulai dari Rp 10 -12 Ribu. Mungkin malah ada yang menjual lebih murah, Rp 8-9 Ribu saja. Harga nasi bungkus biasanya bergantung pada lauk yang diambil. Tempe goreng atau tahu goreng pun tidak jarang bisa ditemukan di rumah makan Padang.

Rumah Makan Padang dan Rumah Makan Masakan Padang

Menurut banyak orang, ada perbedaan yang mencolok antara rumah makan Padang dan rumah makan masakan Padang. Rumah makan Padang menyediakan masakan asli Padang yang dimasak oleh orang Padang walaupun pemiliknya tidak mesti orang Padang. Sedangkan rumah makan masakan Padang menyajikan masakan Padang yang dimasak bukan oleh orang Padang dan rasanya kepadang-padangan.

Rumah makan masakan Padang ini biasanya tidak dimiliki oleh orang Padang. Pemiliknya mungkin saja mampu memasak masakan Padang karena pernah bekerja pada restoran Padang atau  ahli memasak masakan apa pun termasuk masakan Padang.

Singkatnya, masakan Padang di kota Malang tetap mempunyai cita rasa masakan Padang yang gurih dan pedas. Soal selera memang tidak bisa disamaratakan. Tapi masakan Padang ini tidak saja seolah menjadi makanan selera orang senusantara, melainkan sudah menjadi selera internasional. Ini terbukti dengan ditetapkannya rendang sebagai makanan terlezat di seluruh dunia.

Loading...
Selanjutnya : Tentang Foto Ibu Ultraman Taro
Sebelumnya: Malaikat yang Menjaga Tamu Allah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar