Masakan yang Mudah Diolah

Tidak semua orang gemar memasak. Mereka yang tidak menyukai kegiatan memasak, biasanya memilih masakan yang mudah diolah supaya tidak perlu berlama-lama di dapur. Hal yang sama dilakukan pula oleh mereka yang sibuk dan anak-anak kos. Waktu yang terbatas dan sedikitnya peralatan masak yang tersedia membuat mereka memilih untuk memasak makanan yang mudah dan cepat diolah.

Bahan Makanan yang Mudah Diolah

Loading...

Ada cukup banyak jenis masakan yang mudah diolah. Masakan ini menggunakan bahan-bahan makanan yang mudah didapat dan dengan harga yang cukup terjangkau. Dua di antara sederet bahan makanan yang cukup mudah diolah adalah telur dan tahu.

Telur mudah diolah menjadi berbagai sajian, mulai dari telur mata sapi, telur dadar dan orak arik telur. Sedangkan tahu yang kaya akan gizi, selain digoreng juga bisa dikukus.

Resep Masakan Cepat Saji

Nah, berdasarkan beberapa jenis bahan makanan yang mudah diolah di atas, berikut ini resep masakan yang mudah diolah dengan menggunakan bahan makanan tersebut.

  • Semur Tahu

Siapkan lima buah tahu lalu potong-potong sesuai selera. Goreng tahu ini setengah matang. Selain tahu, siapkan pula bumbu yang terdiri dari bawang merah 4 siung, bawang putih 1 siung, tomat 1 buah, daun bawang, daun seledri secukupnya, garam, kecap manis dan merica bubuk. Iris tipis-tipis bawang merah dan bawang putih, potong-potong tomat dan rajang daun bawang serta seledri.

Cara memasak:

Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Lalu masukkan satu setengah gelas air bersih. Masukkan pula tahu setengah matang, potongan daun bawang dan daun seledri. Bila sudah mendidih, masukkan tomat, kecap, merica dan garam secukupnya. Aduk merata dan cicipi rasanya. Tambahkan bumbu yang masih kurang hingga rasanya lezat. Setelah itu angkat dan sajikan.

  • Orak Arik Telur

Siapkan bahan berupa telur ayam sebanyak 3 butir. Kocok ketiga butir ini dalam sebuah wadah. Siapkan pula bumbunya seperti bawang bombay setengah butir, bawang putih 1 siung, jahe 1 cm, saus tiram, kecap manis dan kecap asin masing-masing setengah sendok makan, garam, merica bubuk dan daun bawang. Bumbu yang perlu diiris-iris adalah bawang bombay dan bawang putih. Sedangkan jahe, cukup dimemarkan saja.

Cara memasak:

Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe sampai layu. Lantas sisihkan di tepi penggorengan atau letakkan di sebuah piring kecil. Kemudian masukkan telur yang sudah dikocok dan aduk-aduk hingga telur berbentuk serpihan kecil. Sesudah itu campurkan bumbu yang sudah ditumis sebelumnya dan tambahkan kecap manis, kecap asing, garam dan merica. Aduk-aduk sampai merata. Sesaat sebelum orak arik telur diangkat, tambahkan potongan daun bawang.

Loading...
Selanjutnya : Membuat Status Logo Club Bola di Facebook
Sebelumnya: Prinsip Komunikasi Non Verbal dan Jenis-jenisnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar