Mengatasi Masalah di Printer HP


Dalam penggunaan printer, ada beberapa masalah di printer HP yang muncul. Misalnya, salah satu warna tinta tidak keluar, lampu indikator pada printer yang berkedip-kedip, dan sejumlah masalah lainnya.

Saat ini, sebagian besar usaha menggunakan printer untuk mendukung operasionalnya. Selain di bidang usaha, para mahasiswa dan pelajar juga memakai printer untuk memudahkan proses belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolah. 

Salah satu jenis printer yang cukup banyak digunakan adalah printer bermerek Hewlett Packard atau yang biasa disebut printer HP. Lamput indikator pada printer HP yang berkedip-kedip atau blinking disertai printer tidak bisa digunakan untuk mencetak bisa menandai bahwa jumlah pencetakkannya telah mencapai batas atau bisa juga menandai cartridge yang rusak.

Untuk mengatasi blinking yang menandai jumlah pencetakkan telah mencapai batas maksimal, perlu dilakukan langkah me-reset pada printer ini. Caranya, lepaskan kabel power dari printer ketika printer masih dalam keadaan hidup. Lalu, tekanlah terus tombol power sembari menancapkan kembali kabel power.

Pada proses ini, Anda akan mendapati lampu indikator menyala dengan warna kuning. Bila kabel power telah terpasang, lepaskanlah tombol power. Setelah itu tekanlah tombol power agar printer menyala. Sesudah melakukan serangkaian langkah ini seharusnya printer sudah bisa kembali berfungsi. Namun, bila printer belum juga berfungsi, cobalah ulangi langkah di atas beberapa kali.

Sementara itu bila salah satu warna tinta tidak keluar, cobalah untuk melepaskan terlebih dahulu cartridge dari printer. Lantas usap dengan tissu di bagian mulut cartridge. Dengan cara ini Anda bisa memastikan warna yang tidak muncul pada cartridge. Selanjutnya, masukkan cartridge ke dalam gelas dalam posisi berdiri. Kemudian siramkan dengan menggunakan air panas hingga setengah bagian dari cartridge.

Biarkan cartridge terendam, selama kurang lebih tiga menit. Dalam proses perendaman ini, Anda perlu menekan cartridge hingga benar-benar terendam air. Setelah gelembung-gelembung udara tidak lagi muncul, angkatlah cartridge dan keringkan dengan menggunakan tissu lembut.

Pastikan Anda tidak menyentuh elemen cartridge dengan tangan. Pasangkanlah kembali cartridge. Lalu, lakukan head cleaning dan cobalah untuk mencetak. Namun, cara ini tak selalu berhasil untuk mengatasi masalah di printer HP, terutama bila cartridge sudah terlampau kering atau telah terjadi kerusakan elemen pada cartridge.

Selanjutnya : Pengaruh Kulit Tidak Keras pada Telur Asin
Sebelumnya: Paberik Badjoe - FO Terkenal di Bandung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar