Masalah Ekonomi di Indonesia


Masalah ekonomi di Indonesia meliputi kemiskinan, pengangguran, kesenjangan penghasilan, inflasi, dan rendahnya pertumbuhan ekonomi. Setiap negara dengan pemerintahan di dalamnya memiliki tujuan menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran bagi rakyatnya.

Selain itu, pemerintahan dalam sebuah negara juga dituntut untuk menghadapi berbagai permasalahan yang muncul. Termasuk permasalahan yang di bidang ekonomi. 

Masalah di Bidang Ekonomi

Masalah ekonomi yang terjadi di suatu negara bisa menyebabkan terhambatnya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakatnya. Seperti halnya negara yang sedang berkembang lainnya, permasalahan ekonomi juga harus dihadapi oleh Indonesia.

Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik) pada bulan Maret 2012, jumlah penduduk Indonesia yang berada di dalam garis kemiskinan sebanyak 29, 13 juta orang atau 11, 96%. Jumlah ini telah mengalami penurunan dari jumlah di tahun sebelumnya.

Meskipun jumlahnya mengalami penurunan. Namun, penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan masih menjadi masalah ekonomi yang belum sepenuhnya teratasi dan membutuhkan perhatian dari pemerintah.

Seperti halnya angka kemiskinan, jumlah pengangguran pun mengalami penurunan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Jumlah pengangguran ini harus semakin ditekan demi mencegah meningkatnya angka kemiskinan dan juga kriminalitas.

Beberapa cara yang bisa diusahakan untuk menekan jumlah pengangguran adalah dengan menciptakan lapangan kerja, mendorong kaum muda untuk membuat lapangan kerja untuk dirinya sendiri, dan memberikan pelatihan keterampilan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Sementara itu pertumbuhan ekonomi di Indonesia acapkali terkendala masalah investasi dan permodalan. Seperti negara berkembang lainnya, Indonesia masih tergantung pada permodalan dan investasi pihak asing. Selain itu, pertumbuhan ekonomi di Indonesia juga dipengaruhi oleh harga minyak dunia.

Naiknya harga minyak menyebabkan harga barang-barang kebutuhan pokok pun ikut naik sehingga daya beli masyarakat menjadi berkurang. Akibatnya kegiatan ekonomi masyarakat melemah atau mengalami penurunan. Selain kenaikan harga minyak dunia, terjadinya inflasi juga menyebabkan penurunan daya beli masyarakat yang akhirnya mempengaruhi kegiatan ekonomi.

Tentu saja, pemerintah tidak tinggal diam dalam menghadapi masalah ekonomi di Indonesia. Pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan demi mengatasi masalah-masalah ekonomi yang muncul. Nah, keberhasilan sebuah pemerintahan bisa dilihat dari kemampuannya menghadapi masalah-masalah ekonomi tersebut.

Selanjutnya : Profil Negara Pakistan
Sebelumnya: Pengaruh dari Meningkatnya Angka Inflasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar