Masalah Ekonomi


Bagi sebagian pakar ekonomi, masalah ekonomi begitu menarik perhatian mereka sehingga muncullah beberapa teori yang berusaha mengidentifikasi masalah-masalah yang berkaitan dengan bidang ekonomi.

Teori-teori ini berhasil menyimpulkan masalah-masalah secara umum yang dihadapi oleh manusia di bidang ekonomi. Berikut ini teori yang berkaitan dengan permasalahan ekonomi. 

• Permasalahan ekonomi klasik

Pada teori ini, masalah yang berkaitan dengan ekonomi dibedakan menjadi masalah produksi, masalah distribusi, dan masalah konsumsi. Masalah produksi berkaitan dengan masalah bagaimana memproduksi berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Masalah distribusi berkaitan dengan upaya-upaya untuk menyalurkan barang dan jasa kepada konsumen. Masalah konsumsi berkaitan dengan produksi barang yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kemampuan konsumen.

Teori ini merupakan hasil pemikiran dari John Stuart Mill, David Ricardo, dan Adam Smith. Dalam teori ini, kekuatan pasar memiliki peran yang lebih dominan dibandingkan dengan pemerintah.

• Permasalahan ekonomi modern

Berbeda dengan teori permasalahan ekonomi klasik, permasalahan ekonomi modern mengamati permasalahan ekonomi yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Masalah-masalah tersebut dikelompokkan ke dalam empat inti pertanyaan mengenai permasalahan, yakni apa, bagaimana, siapa pelaku produksi, dan untuk siapa.

Apa digunakan untuk menunjukkan permasalahan ekonomi yang berkaitan dengan jenis barang dan jasa yang akan diproduksi. Keputusan untuk menentukan jenis barang dan jasa yang hendak diproduksi ini tidak hanya bergantung pada kebutuhan saja. Namun, juga pada keuntungan yang hendak diperoleh.

Bagaimana menunjukkan cara yang dipilih untuk memproduksi barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan sekaligus mampu memenuhi permintaan suatu barang dan jasa. Siapa pelaku produksi bertujuan untuk menentukan pihak-pihak yang bertanggung jawab untuk memproduksi barang dan jasa.

Pihak-pihak ini bisa pemerintah, pihak swasta, atau perseorangan. Penentuan pihak yang memproduksi suatu barang dan jasa akan menentukan kualitas dan juga harga barang dan jasa yang dihasilkan.

Selanjutnya, untuk siapa digunakan adalah untuk menentukan pihak-pihak yang kelak akan mengkonsumsi barang dan jasa yang dihasilkan. Konsumen barang dan jasa ini bisa merupakan masyarakat umum atau segmen masyarakat tertentu saja.

Kedua masalah ekonomi di atas sekalipun berbeda, tetapi bisa saling melengkapi. Teori permasalahan ekonomi klasik masih dihadapi hingga kini sehingga tetap relevan untuk digunakan. Sementara itu, teori permasalahan ekonomi modern muncul dengan menyesuaikan perkembangan masyarakat saat ini.

Selanjutnya : Pengaruh dari Meningkatnya Angka Inflasi
Sebelumnya: Mengukur Top Speed Mega Pro Primus
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar