Masalah Inflasi yang Terjadi di India

Beberapa waktu yang lalu, seluruh dunia khususnya Negara India mengalami guncangan perekonomian di negaranya, masalah inflasi yang terjadi di India.. Guncangan yang terjadi pada sektor perekonomian ini begitu dirasakan oleh masyarakat India karena berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi olehnya mengalami kenaikan harga.

Kenaikan harga yang dialami oleh sebagian besar produk di India ini pun menjadi sorotan utama dunia khususnya pemerintahan di India. Hal ini pun dikemukakan oleh Perdana Menteri India saat itu, yaitu Manmohan Singh.

Manmohan Singh berpendapat bahwa guncangan yang dialami di negaranya tersebut merupakan sebuah kondisi perekonomian Negara India yang tidak stabil. Bahkan, beliau menyebutkan bahwa pertumbuhan perekonomian pesat yang terjadi di India saat itu dibayangi oleh ancaman-ancaman inflasi yang tentunya sangat tidak diinginkan terjadi.

Seperti yang sudah banyak diketahui, inflasi pada sektor ekonomi menjadi ancaman yang tidak bisa diabaikan begitu saja terhadap tumbuh kembang ekonomi. Oleh karena itu, berbagai penyebab yang menjadi latar belakang terjadinya masalah inflasi di India ini harus segera ditangani dengan cepat tanggap.

Jumlah Masalah Inflasi di India

Masalah inflasi yang terjadi di India ini bahkan sampai di angka 8,43%, angka inflasi yang lebih tinggi 0,95% dibanding beberapa waktu sebelumnya. Hal tersebut terjadi akibat dua hal utama yang menjadi pokok utama naiknya angka inflasi, yaitu harga pangan dan harga minyak yang bersamaan naik secara drastis.

Kenaikan angka pada dua hal pokok kenaikan angka inflasi di India juga diikuti oleh ikut naiknya harga-harga pada banyak komoditas di India, seperti komoditas sayur dan buah yang naik hingga mencapai 11%.

Selain itu, komoditas lain seperti produk manufaktur, bahan bakar minyak, dan juga pelumas diesel juga ikut naik dengan masing-masing mencapai 4,5%, 3%, dan 6%.

Menteri Keuangan India, Pranab Mukherjee, menilai bahwa pertumbuhan angka inflasi di India ini akan terus terjadi selama beberapa bulan mendatang. Menurutnya, fluktuasi dari inflasi saat itu bisa terjadi sekitar 2 hingga 3 bulan lamanya.

Meskipun begitu, fundamental dasar dari perekonomian Negara India sendiri masih dapat terjaga kuat.
Untuk mengatasi masalah inflasi, perdana menteri India melakukan beberapa peningkatan terhadap beberapa produksi dari beberapa komoditas yang bertujuan untuk memenuhi tingginya permintaan yang didasari oleh pendapatan masyarakat India.

Demikianlah pembahasan mengenai masalah inflasi yang terjadi di India. Semoga dapat bermanfaat.

Selanjutnya : Pohon Mangga, Salah Satu Jenis Tumbuhan Dikotil
Sebelumnya: Nama Pakaian Adat di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini