Masalah Lingkungan Hidup dalam Ilmu Sosiologi


Masalah lingkungan hidup dalam ilmu Sosiologi bisa berupa masalah lingkungan fisik, biologis dan sosial. Kita harus sensitif dalam menghadapi masalah lingkungan hidup. Hal ini dilakukan supaya lingkungan hidup di sekitar kita bisa terjaga keseimbangannya, sehingga bisa menunjang kehidupan sosial dalam masyarakat. Lingkungan tempat kita tinggal harus dijaga, jangan sampai kehilangan keseimbangan atau membuatnya tercemar.

Menjaga lingkungan hidup terutama lingkungan sekitar tempat tinggal adalah kewajiban setiap anggota masyarakat. Dengan kata lain, terjaganya lingkungan hidup ini ditentukan oleh masyarakat itu sendiri. Bagi yang sadar akan lingkungan akan menjaganya dari berbagai masalah, bagi yang tidak bisa menjaganya bisa merusak keseluruhan ekosistem dalam lingkungan. Jangan sampai kita yang menjadi dari bagian pengrusak lingkungan.

Jenis-jenis Lingkungan Hidup

Dalam sudut pandang ilmu Sosiologi dikenal dengan tiga jenis lingkungan. Ketiga jenis lingkungan ini terdiri dari lingkungan fisik, lingkungan biologis, dan lingkungan sosial. Apa itu lingkungan fisik, biologis dan sosial dalam ilmu Sosiologi? Bisa kita lihat dalam uraian berikut.

•    Lingkungan fisik adalah semua benda mati atau tidak bergerak, yang ada dan bisa kita temui disekitar kita.

•    Lingkungan biologis adalah sekumpulan organisme yang ada di sekeliling manusia dan hidup bersama-sama saling terkait satu sama lain.

•    Lingkungan sosial adalah sekumpulan orang-orang yang ada dalam sebuah tempat baik itu individu atau kelompok.

Ketiga jenis lingkungan di atas bukan tidak mungkin akan menimbulkan masalah lingkungan hidup dalam kehidupan masyarakat. Masalah lingkungan hidup dalam ilmu Sosiologi yang kerap dialami oleh masyarakat adalah masalah lingkungan biologis dan sosial. Mengapa lingkungan fisik jarang menimbulkan masalah? Itu dikarenakan lingkungan fisik sifatnya statis dibandingkan dengan lingkungan biologis dan sosial.

Meminimalkan Masalah Lingkungan Hidup

Lingkungan itu terbentuk disebabkan karena ada hubungan yang timbal-balik di antara organisme-organisme hidup yang ada di dalamnya. Hubungan timbal-balik ini bisa membentuk keserasian dan keseimbangan. Masalah baru muncul jika terjadi gangguan dalam keserasian dan keseimbangan tersebut. Dalam sebuah masyarakat lazimnya ada piramida kehidupan.

Perubahan atau masalah lingkungan hidup ini terjadi selain karena ketidakseimbangan dalam piramida kehidupan, juga disebabkan oleh tiga faktor. Ketiga faktor tersebut adalah pengaruh sinar matahari, pengaruh iklam, dan pengaruh panas dan dingin. Pengaruh sinar matahari bisa menyebabkan perbedaan zonasi yang akan berpengaruh pada kesehatan manusia. Iklim pun juga ikut mempengaruhi kesehatan dengan berbagai penyakit.

Mengetahui beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya masalah lingkungan hidup ini sangat penting guna menciptakan keseimbangan lingkungan. Dengan kata lain kita bisa melakukan antisipasi jika terjadi perubahan lingkungan yang akan menimbulkan masalah lingkungan hidup dalam ilmu Sosiologi. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Hadits Cinta dalam Islam
Sebelumnya: Contoh Poposal Pelatihan Kehumasan dan Tips Membuatnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar