Masalah Lingkungan Hidup di Jakarta


Apa saja masalah lingkungan hidup di Jakarta? Jakarta sebagai ibukota negara telah menjadikan kota ini sebagai kota megapolitan. Banyak sekali daya penarik yang menyebabkan begitu banyak penduduk dari kota lain berbondong datang ke sana.

Dengan begitu banyak jumlah penduduk yang ada maka akan semakin menambah masalah lingkungan hidup yang serius di Jakarta. Berikut ini adalah beberapa masalah mengenai lingkungan hidup yang dapat dengan mudah kita temukan di kota besar Jakarta ini.

1. Pencemaran Lingkungan

Inilah masalah mengenai lingkungan hidup yang begitu banyak dan mudah ditemukan di Jakarta. Dengan begitu banyak penduduk yang ada, membuat Jakarta menjadi salah satu kota yang paling padat di dunia. Dan hal inipun secara pasti akan menciptakan banyak masalah lain.

Pola kehidupan yang tak memadai dengan padatnya area pemukiman yang kemudian menyebabkan lingkungan menjadi tercemar. Juga prioritas kehidupan yang hanya mengutamakan materialistik dari para pihak pelaku bisnis juga mengakibatkan mereka tak lagi memerhatikan masalah pelestarian lingkungan.

Pembuangan sampah dan limbah ke sungai, pengubahan lahan produktif menjadi lahan pemukiman dan bisnis, serta perilaku lain yang tak memperhatikan masalah lingkungan telah membuat lingkungan Jakarta menjadi banyak tercermar.

2. Sulitnya Mencari Area Pemukiman yangLayak

Hal ini mungkin hanya dirasakan oleh kalangan masyarakat bawah yang ada di Jakarta dengan angka yang sejatinya jauh lebih banyak dibandingkan dengan kalangan masyarakat atas.

Kepemilikan tanah hanya berputar pada siapa saja yang punya modal sehingga membuat masyarakat kalangan bawah merasakan kesulitan untuk memperoleh tanah walaupun hanya untuk rumah sebagai tempat tinggal mereka.

Inilah yang membuat kita akan lebih mudah untuk menemukan adanya beberapa bagian penduduk Jakarta yang memilih untuk bertempat tinggal di kuburan, kolong jembatan atau bantaran sungai.

Sejatinya ketiga tempat tersebut sungguh tak layak untuk dijadikan sebagai sebuah rumah untuk tempat tinggal dan tempat berlindung.

Namun ketika dirasakan tak ada pilihan lain maka, itulah yang harus diterima dengan lapang dada oleh masyarakat kalangan bawah yang ada di Jakarta. Itulah dua dari banyaknya masalah lingkungan hidup di Jakarta yang sejatinya lebih banyak dari apa yang bisa untuk kita indera.

Selanjutnya : Mengenal Pengertian Obat Kimia Agar Tidak Bersikap “Anti”
Sebelumnya: Tips Agar Pintar Matematika
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar