Masalah Pencernaan Manusia

Ternyata masalah pencernaan manusia bisa menjadi pengaruh serius bagi kesehatan. Masalah pencernaan bisa menganggu fungsi metabolisme dalam tubuh.

Penderita yang mengalami masalah pencernaan biasanya akan mengalami mulas, mual, dan berimbas pada kurangnya semangat. Oleh karena itu, sudah seharusnya semua orang memperhatikan kesehatan pencernaannya. Marilah bersama menelaah tentang masalah pencernaan yang dialami sebagian orang akibat pola makan yang tidak sehat.

Beragam Masalah Pencernaan

Berbagai macam gangguan pencernaan yang sering terjadi adalah :

•    Diare

Gangguan pencernaan yang ditimbulkan adanya infeksi bakteri. Dipicu pula adanya stress, makanan yang kurang higenis atau organism yang bisa menimbulkan kerusakan membram sel usus.

•    Sembelit

Susah buang air besar (BAB) karena ada gangguan pencernaan. Kemungkinan kurang mengkonsumsi makanan berserat.

•    Radang usus buntu

Kemungkinan disebabkan oleh bakteri serta terjadi penyumbatan usus oleh feces yang mengeras. Bisa juga dikarenakan makanan biji-bijian.

•    Radang lambung

Orang lebih mengenal dengan sakit maag. Gas asam (HCL) dalam lambung meningkat sehingga menyebabkan peradangan dinding lambung.

•    Maldigesti

Gangguan dalam pencernaan diakibatkan makan makanan yang sifatnya tajam bisa memicu suatu zat tertentu dalam lambung.

Penyebab Gangguan Pencernaan

Masalah pencernaan seperti yang dipaparkan diatas bisa saja disebabkan oleh unsur  seperti berikut  :

•    Beberapa mikroba serta bakteri
•    Pengaturan pola makan yang tidak teratur
•    Konsumsi makanan yang kurang higenis
•    Ada kelainan yang terdapat dalam sistem pencernaan sendiri yang berawal dari sebuah infeksi, pelebaran pembuluh bahkan tumor.

Mengantisipasi Gangguan Pencernaan

Seyogyanya kita bisa lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh. Beberapa hal cara yang bisa dilakukan mencegah masalah pencernaan adalah :

1. Minum air putih sekurangnya 8 gelas perhari. Dengan minum air, tentunya dalam tubuh bisa membantu melarutkan zat-zat maupun sel mati yang sudah tidak digunakan lagi.

2. Perbanyak makan makanan berserat. Hal ini baik dilakukan dalam mengkonsumsi banyak serat sekitar 10-15 gram perhari. Bisa diperoleh nutrisi dari buah, kacang-kacangan, sereal dan sayur mayur.

3. Kurangi konsumsi makanan asam.  Dengan menghindari jenis makanan yang berkadar vitamin C tinggi, tentunya tidak akan memperburuk kesehatan lambung.

4. Aktif berolahraga. Jika tubuh sering bergerak dan melakukan serangkaian aktifitas akan memicu zat dan hormon dalam tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Kelola emosi dan stress dengan bijak. Jika mampu mengendalikan perasaan serta pikiran secara baik dan seimbang, tentunya akan mempengaruhi kondisi tubuh terhindar dari  gangguan pencernaan.

Bagaimana, masalah pencernaan manusia sudah tidak menjadi persoalan bukan ? Tinggal dari individunya masing-masing untuk lebih disiplin menjaga dan mengatur pola hidup yang baik.

Selanjutnya : Promo Paket Speedy 50 Ribu Per Bulan di Tahun 2013
Sebelumnya: Seorang Muallaf Menurut Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini