Masalah Pendidikan di Indonesia Saat Ini

Apa yang Anda ketahui tentang masalah pendidikan di Indonesia saat ini? Dilaksanakannya ujian nasional beberapa waktu lalu semakin menguatkan kesan adanya masalah pendikan di Indonesia saat ini yang cukup serius. Apakah mengadakan ujian nasional untuk mengukur kompetensi siswa merupakan sebuah kebijakan yang salah?

Sebenarnya bukan hal tersebut yang menjadi masalahnya. Meskipun sekarang ujian nasional sudah dihapus, tapi paling tidak ada permasalahan yang tetap memerlukan tindakan untuk mengatasinya. Permasalahan yang dimaksud adalah aksi curang yang dilakukan oleh banyak siswa ketika mengikuti ujian.

Tindak Kecurangan Saat UN

Meski UN tidak dilaksanakan lagi pada tahun 2014 nanti, tetapi mungkin saja masih ada ujian-ujian versi lain yang akan dilaksanakan oleh pihak sekolah. Ketika UN berlangsung kemarin, banyak fakta di lapangan yang menunjukkan adanya kecurangan yang terjadi secara sistematik di berbagai sekolah.

Bukan hanya siswa yang terlibat tapi juga para gurunya. Alasan yang paling mendasari beberapa guru melakukan kecurangan adalah perasaan tidak siap jika sekolahnya ternyata nanti mendapati banyak siswanya yang tidak lulus dalam UN. Jika hal itu terjadi, maka akan mempengaruhi akreditasi sekolah.

Selanjutnya masalah akreditasi ini akan berpengaruh terhadap berkurangnya daya tarik calon siswa untuk sekolah disana. Ini bukan laporan yang mengada-ada. Tetapi sebuah fakta. Fakta yang didapat dari cerita seorang guru yang ‘dipaksa’ untuk memberi kelonggaran sewaktu ujian di sebuah sekolah yang diawasinya agar para murid bisa sedikit leluasa mendapatkan bocoran jawabannya.

Selain itu hal ini juga berdasarkan pengalaman penulis yang pernah mengalami hal yang sama beberapa waktu lalu ketika sedang mengikuti ujian di tingkat SMA. Masalah penerapan kejujuran yang tidak tegas diterapkan di sekolah merupakan bahaya laten. Pengaruhnya akan membentuk karakter siswa yang suka menipu dan curang. Ketika besar nanti bisa jadi karakter ini yang akan mendorongnya menjadi seorang koruptor.

Siapapun tidak ingin sekolah menghasilkan calon-calon koruptor. Untuk mencegah tidak terjadinya kekhawatiran itu, maka menerapkan kejujuran dalam lingkup sekolah adalah sebuah keharusan dan ini harus ditegakkan.
Sekian ulasan singkat tentang masalah pendidikan di Indonesia saat ini. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Memahami Unsur Intrinsik Film Laskar Pelangi
Sebelumnya: Tips Berburu Mobil Remote Control Drift dalam Balapan Mobil R/C
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini