Masalah Rumah Tangga Dalam Islam


Ajaran Islam memiliki pedoman dan arahan untuk berbagai macam permasalahan yang dihadapi manusia dalam hidup ini. Salah satunya adalah permasalahan suami istri dalam menjalani hidup rumah tangga. Tak bisa dipungkiri, masalah antara suami dan istri kerap muncul dalam perjalanan hidup rumah tangga.

Bagi sebagian orang, masalah-masalah yang muncul mudah diselesaikan, tetapi bagi sebagian orang lainnya masalah yang muncul bisa berujung pada perpisahan atau penderitaan yang berkepanjangan. Nah, masalah rumah tangga dalam Islam bisa diselesaikan dengan mengikuti pedoman dan arahan berikut ini.

1.    Bersikaplah lapang dada dalam menerima kelebihan dan kekurangan pasangan masing-masing. Tumbuhkan rasa kasih sayang dan sikap memaafkan atas kesalahan pasangan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Jika salah satu pihak sudah meminta maaf, hendaklah pintu maaf segera dibukakan agar hati kembali lapang dan kebahagiaan kembali hadir.

2.    Bila seorang suami ingin mempunyai seorang istri yang baik hati, berakhlak mulia, ikhlas, dan penuh rasa cinta, maka hendaknya dia juga berperilaku yang sama.

3.    Jika seorang istri tidak taat pada suaminya dan memiliki perangai yang buruk, maka suami diperbolehkan untuk menggunakan kekuasaannya sesuai dengan syariat Islam. Pertama-tama suami harus memberikan nasehat dengan baik. Namun bila nasehat tersebut tidak diterima, pihak suami boleh menunjuk penengah untuk mendamaikan mereka seperti terdapat pada firman Allah.

4.    Dalam ajaran Islam, seorang suami memiliki kekuasaan untuk memberikan sanksi kepada seorang istri yang tidak patuh atau memiliki perangai yang buruk. Tetapi ajaran Islam memberi penekanan bahwa suami tidak boleh menyalahgunakan kekuasaan tersebut. Suami harus menghindari sanksi berupa pukulan kepada istrinya.

5.    Suami dan istri harus menerapkan ajaran Islam dalam rumah tangga mereka untuk memelihara keutuhan rumah tangga dan untuk menjamin pendidikan agama untuk seluruh anggota keluarga.

6.    Dalam sebuah perselisihan, sebaiknya dihindari keyakinan bahwa diri sendiri selalu berada di pihak yang benar dan tidak berusaha melihat kekurangan dan kesalahan diri sendiri. Sebab sikap seperti ini hanya akan memperuncing pertengkaran dan jalan damai sulit tercapai.

Masih banyak lagi ajaran Islam yang bisa digunakan untuk menghadapi masalah dalam rumah tangga. Masalah rumah tangga dalam Islam selalu bisa diselesaikan dengan jalan kebaikan. Sebab Allah sendiri tidak menyukai adanya perselisihan terlebih bila berujung pada perpisahan dalam rumah tangga.

Selanjutnya : Rumah Sakit Terbesar di Indonesia
Sebelumnya: Rumah Produksi yang Membutuhkan Penulis Cerita Kawakan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar