Cara Mengatasi Masalah Sosial Masyarakat


Masalah sosial masyarakat terjadi karena empat faktor yang pertama adalah faktor ekonomi, seperti pengangguran, kemiskinan. Yang  kedua faktor budaya seperti kenakalan remaja, perceraian. Ketiga faktor biologis seperti keracunan makanan, penyakit menular. Yang keempat adalah faktor psykologis seperti penyakit saraf dan aliran sesat.

Pemicu paling besar yang ada di negara kita ini adalah faktor ekonomi, krena jika diteliti lebih lanjut masalah sosial yang terjadi ujung-ujungnya adalah  masalah ekonomi, seperti kenakalan remaja akibat ekonomi lemah, atau terjadinya perceraian karena masalah ekonomi, perampokan diakibatkan faktor ekonomi dan lain sebagainya.

Masalah sosial ini timbul akibat adanya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan kenyataan yang ada atau disebut juga dengan ketimpangan sosial.

Ada beberapa cara mengatasi masalah sosial dimasyarakat salah satunya adalah mengatasi pengangguran. Pengangguran menimbulkan kemiskinan lalu selanjutnya timbul kejahatan dan pertikaian.

Oleh sebab itu pemerintah sangat berusaha mengurangi pengangguran dengan memberikan pelatihan-pelatihan kerja secara gratis, membuka bebereapa lapangan pekerjaan dan memberikan kemudahan bagi yang membutuhkan modal untuk mengajukan kredit bank.

Cara lain untuk mengatasi kemiskinan adalah pemerintah menggratiskan  biaya pendidikan untuk jenjang SD – SMP, lembaga sosial dan para pengusaha memberikan beasiswa dan para dermawan memberi bantuan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pemerintah juga meluncurkan program beras untuk masyarakat miskin ( raskin), dana bos, pemberian kartu Jamkesmas bagi warga yang kurang mampu untuk berobat kerumah sakit  dan pemberian BLT.

Cara mengatasi masalah sosial seperti kekerasan dalam rumah tangga, perceraian kekerasan terhadap anak, pemerintah membentuk tim advokasi untuk memecahkan permasalahan yang terjadi.

Komisi Perlindungan Anak dan perempuan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk mengatasi kenakalan remaja dan kekerasan terhadap anak. Lembaga Bantuan Hukum memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat, lembaga PBB seperti UNESCO, ILO dan WHO mmeberikan bantuan kepada pemerintah untuk mengatasi berbagai masalah sosial.

Namun  dalam pelaksanaan mengatasi masalah sosial sering mendapat hambatan diantaranya adalah program yang kurang tepat sasaran, seperti warga yang mampu mendapatkan BLT sedangkan yang kurang mampu tidak mendapatkan.

Pemerintah dan aparatnya kurang berdisiplin dalam menyalurkan bantuan, adanya oknum pemerintah yang menyalahgunakan bantuan dengan korupsi, penyuluhan maupun pelatihan tidak ada tindak lanjut, sehingga tidak bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Demikianlah artikel cara mengatasi masalah sosial masyarakat ini, walaupun singkat mudah-mudahan bisa menginspirasi bagi kita semua.

Selanjutnya : Tips Beli Laptop Baru yang Benar
Sebelumnya: Peraturan Baru Bank BRI
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar