Masalah yang Sedang Dihadapi Indonesia Saat Ini


Indonesia termasuk salah satu negara yang sedang berkembang. Karena itu, wajar bila negara ini menghadapi berbagai masalah hampir di setiap sektor yang ada. Berdasarkan salah satu survei yang dilakukan sebuah televisi swasta nasional, masalah yang sedang dihadapi Indonesia saat ini adalah masalah korupsi, masalah pengelolaan bahan bakar minyak, masalah kemiskinan, masalah melambungnya harga bahan-bahan pangan, masalah sistem pendidikan, masalah krisis kepemimpinan, masalah pengangguran, masalah stabilitas ekonomi, dan masalah penanganan bencana alam.

Persoalannya, masalah di Indonesia saat ini begitu kompleks dan saling terkait satu sama lain sehingga membutuhkan usaha yang keras untuk mengatasinya. Misalnya saja masalah sistem pendidikan. Masalah sistem pendidikan memiliki keterkaitan dengan masalah pengangguran, masalah kemiskinan, masalah stabilitas ekonomi, dan juga masalah krisis kepemimpinan. Selanjutnya, masalah krisis kepemimpinan menjadi salah satu akar permasalahan-permasalah yang lainnya.

Sistem pendidikan yang telah berjalan selama ini hanya mampu menghasilkan para pencari kerja untuk mengisi lapangan pekerjaan yang ada. Padahal jumlah kesempatan kerja yang tersedia tidak memadai. Akibatnya, jumlah pengangguran pun semakin bertambah dan kemiskinan pun merajalela. Sistem pendidikan seharusnya mampu mencetak generasi-generasi yang bisa menciptakan lapangan kerja dengan terjun ke dunia wirausaha.

Sistem pendidikan juga memiliki pengaruh terhadap munculnya masalah krisis kepemimpinan. Sistem pendidikan saat ini belum mampu melahirkan pemimpin yang berkualitas. Pendidikan sebagai sebuah komponen penting seharusnya bisa membentuk manusia Indonesia yang tak hanya cerdas tetapi juga memiliki kualitas moral yang tinggi dan mengembangkan kepemimpinan yang meliputi kemampuan untuk berpikir kreatif, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan berpikir sistematis, kemampuan mengevaluasi dengan kritis, dan kemampuan untuk belajar dari pengalaman.

Kualitas moral yang tinggi dan jiwa kepemimpinan inilah yang menjadi bekal berharga untuk seorang calon pemimpin bangsa. Masalah sistem pendidikan ini juga mempengaruhi masa depan Indonesia termasuk dalam pertumbuhan ekonomi. Sistem pendidikan yang tidak mampu mengembangkan kepemimpinan membuat generasi bangsa ini tidak mampu bersaing dengan negara lain yang bergerak maju dengan cepat. Masalah yang sedang dihadapi Indonesia saat ini bisa diselesaikan dengan membenahi akar-akar permasalah yang ada, salah satunya sistem pendidikan. Sebab masa depan sebuah bangsa terletak pada pendidikan yang baik bagi generasi penerusnya.

Selanjutnya : Rumah Sakit Operasi Amandel dengan Laser
Sebelumnya: Makanan Kecil Khas Surabaya dan Cara Mempromosikannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar