Masalah yang Terjadi Dalam Komunikasi


Masalah yang Terjadi Dalam Komunikasi

Komunikasi memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, baik dalam organisasi, dalam keluarga, dalam pekerjaan, hingga dalam hubungan percintaan. Komunikasi tidak hanya sebatas pada kata-kata semata, tetapi mencakup seluruh bentuk interaksi yang bisa dilakukan, termasuk senyuman, gelengan kepala, ekspresi wajah, dan bentuk-bentuk bahasa tubuh lainnya.

Komunikasi dilakukan untuk menyampaikan pengertian yang sama. Bila pengertian yang diterima tidak sama, maka komunikasi telah gagal dilakukan. Nah, masalah yang terjadi dalam komunikasi dan menghambat pencapaian pengertian yang sama biasanya disebabkan adanya prasangka, perbedaan bahasa, adanya kepentingan, perbedaan norma sosial, stereotip, motivasi, dan adanya perbedaan etnis.

Hambatan-hambatan dalam komunikasi ini bukanlah sesuatu yang tidak bisa diatasi. Memperbaiki komunikasi sangat penting dilakukan agar pesan-pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik. Bila komunikasi berjalan dengan baik, maka hubungan antara pribadi dan antara kelompok pun bisa semakin baik.

Untuk melakukan komunikasi yang efektif sebaiknya sampaikanlah pesan dengan lebih berhati-hati, usahakan agar usaha umpan balik bisa dilakukan dengan mudah dan perkecil gangguan-gangguan yang muncul selama komunikasi dilakukan.

Masalah yang terjadi dalam komunikasi juga bisa diatasi dengan memperbaiki isi pesan yang hendak disampaikan. Suatu pesan atau informasi yang ingin disampaikan dalam komunikasi haruslah lengkap, singkat, penuh dengan pertimbangan, konkrit, sopan dan teliti.

Komunikasi sebaiknya dilakukan dengan menggunakan bahasa yang sederhana, mudah dipahami, dan tidak membutuhkan interpretasi yang rumit. Sebaiknya, gunakan tata bahasa yang benar dan pernyataan emosional yang tepat agar tidak memicu terjadinya kesalahpahaman.

Gaya komunikasi juga perlu diperhatikan terutama pada kesempatan-kesempatan resmi seperti komunikasi dalam bisnis atau organisasi. Gaya bahasa dan gaya berbicara yang sopan tentu akan menimbulkan respon yang baik dan membuat hubungan semakin baik pula.

Selain itu, dalam penyampaikan pesan perlu diperhatikan pula empati dan perasaan di penerima pesan sehingga pesan bisa diterima dengan baik. Nah dengan memperhatikan hal-hal tersebut, komunikasi yang baik pasti bisa diwujudkan. Komunikasi yang baik akan membuat hubungan semakin baik dan menutup kemungkinan terjadinya konflik.

Selanjutnya : Masihkah Nokia E73 Dijual Di Pasaran?
Sebelumnya: Rumah Saya dalam Bahasa Korea
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar