Jenis-jenis Masalah dalam Kehidupan


Masalah adalah kesulitan atau rintangan yang sering kali kita hadapi dalam kehidupan. Penyelesaian masalah sangat bergantung dari sudut pandang setiap orang dalam menyikapinya. Contoh-contoh masalah antara lain:

  • Masalah sering timbul ketika kita dihadapkan pada kepentingan yang berbeda antara satu individu dengan individu lainnya atau satu kelompok dengan kelompok lainnya. Sebagai contoh, kepentingan para pedagang kaki lima di suatu wilayah yang berseberangan dengan kepentingan pemerintah daerah setempat.
  • Masalah dalam pergaulan. Misalnya ketika seseorang tidak diterima dalam pergaulan suatu komunitas atau kelompok tertentu penyebanya bisa banyak hal. Mungkin seseorang tersebut tidak memiliki kriteria tertentu yang menjadi tolok ukur penerimaan dalam komunitas tersebut. Penyikapan terhadap penolakan ini bisa saja menjadi masalah yang cukup berat bagi orang tersebut atau menjadi tantangan untuk memperbaiki diri dan berpikir positif untuk mencari lingkungan pergaulan yang lain yang dapat menerimanya.
  • Masalah percintaan. Mungkin hal ini sudah sangat akrab di keseharian kita. Masalah dalam percintaan dengan segala kompleksitasnya seperti putus cinta, cemburu, perselingkuhan, cinta bertepuk sebelah tangan atau kesulitan menemukan pasangan yang cocok.
  • Masalah ekonomi. Ini juga tidak peliknya dengan masalah-masalah yang lain.  Soal ekonomi tidak dapat berdiri sendiri dari soal-soal yang lain seperti soal politik, sosial, budaya, dan lain sebagainya. Masalah ekonomi individu berkaitan erat dengan individu-individu lain dalam sistem wilayahnya. Karena itu untuk menyelesaikan kemiskinan satu keluarga atau lebih berkaitan dengan upaya-upaya yang dilakukan komunitasnya, kerabatnya, pemerintah setempat sampai keputusan politik penguasa atau pemimpin negaranya.

Satu hal yang perlu kita cermati dalam upaya penyelesaian setiap masalah dalam hidup kita adalah bagaimana kita melibatkan Tuhan dalam setiap langkah kehidupan kita.

Tidak ada sesuatu pun yang terjadi tanpa seizin Tuhan. Karena itu ketika masalah hadir dalam hidup kita, kita juga perlu merapat kepada yang kuasa dan memohon pertolonganNya selain ikhtiar untuk menyelesaikannya.

Selanjutnya : Mengetahui Tip Mencicil Mobil
Sebelumnya: Tip Membuat Sepatu Bayi Rajut
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar