Mempelajari Materi Hukum Boyle secara Cepat


Bagaimanakah cara cepat memahami materi hukum Boyle? Hukum Boyle dikembangkan oleh Robert Boyle, dan dicetuskan pertama kali pada tahun 1662. Berikut ini penjelasan singkat untuk memahami hukum Boyle.

Prinsip Dasar Hukum Boyle

Hukum Boyle merupakan teori tentang hubugan antara volume gas dan tekanan. Prinsip dasar dari hukum ini adalah bahwa gas apapun bentuk dan volumenya memiliki tekanan ke segala arah. Hukum boyle memiliki rumus:

pV = k

p adalah tekanan, V adalah volume, sedangkan k adalah konstan.

Rumus-rumus turunan dari rumus utama tersebut adalah:

 p1V1 = p2V2

Dalam penjabaran rumus turunan tersebut, tekanan awal suatu gas jika dikalikan dengan volume awal gas, hasilnya akan sama dengan tekanan akhir gas dikali volume akhir gas.

Perhitungan hukum boyle dapat dilakukan dengan kententuan terjadi kondisi ideal. Yang dimaksud dengan kondisi ideal adalah kondisi dimana unsur-unsur kimia suatu gas pada awal hingga akhir tidak terjadi perubahan. Atom-atom pada gas tersebut saling identik satu sama lain, dan dapat bergerak bebas ke segala arah secara acak sesuai dengan hukum gerak Newton.

Aplikasi Hukum Boyle dalam Kehidupan Manusia

Dalam kehidupan manusia, materi hukum boyle maupun prinsip-prinsip tekanan gas kerap digunakan. Salah satu penerapan hukum boyle adalah pada kegiatan penyelaman perairan dalam. Kegiatan penyelaman perairan dalam merupakan salah satu kegiatan penuh dengan resiko, terkait dengan keberadaan gas.

Pada perairan dalam, penyelam membawa tabung gas yang berisi udara. Saat masuk ke dalam perairan, perlahan tekanan air akan meningkat dan menekan segala benda yang ada di dalamnya. Prinsip tekanan ini yang membuat tabung udara yang dibawa penyelam harus terbuat dari logam cukup keras dan tebal.

Selain tabung gas penyelam, prinsip tekanan gas juga berlaku pada paru-paru penyelam. Saat menyelam, air menekan ke segala arah, termasuk menekan tubuh penyelam. Paru-paru penyelam akan mengalami penyusutan sehingga volume udara dalam paru-paru akan berkurang. Dengan keadaan demikian, seorang penyelam harus hati-hati dan perlahan saat kembali lagi ke permukaan. Selain untuk mengurangi efek dekompresi, naik secara perlahan ke permukaan adalah cara aman agar paru-paru tidak meledak.

Materi hukum Boyle tidaklah terlalu susah untuk dipelajari jika kita mengetahui prinsip dasar dan contoh penggunaannya dalam kehidupan manusia. Penerapan hukum Boyle ternyata turut andil dalam keselamatan nyawa manusia. Jadi, mempelajari hukum Boyle, ataupun materi fisika yang lain, dapat membuat hidup kita menjadi lebih aman.

Selanjutnya : Sebutkan Tentang Smf Rumah Sakit Adalah Bentuk Pelayanan
Sebelumnya: Terapkan Sistem K3 Sesuai Teori Kesehatan dan Keselamatan Kerja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar