Materi Khutbah Jumat Anak-Anak


Khutbah adalah hal yang wajib bagi agama Islam untuk memberikan ceramah kepada jemaah. Banyak jemaah yang mayoritas orang-orang dewasa yang hikmat menyimaknya, begitu pun anak-anak.

Hal yang menarik adalah ketika salat jemaah dan salat Jumat, materi khutbah jumat anak-anak dapat disampaikan dengan menggunakan tema tertentu.

Berikut ini beberapa tips dalam membuat materi khutbah Jumat untuk anak-anak, yaitu sebagai berikut.

1. Mudah Dipahami

Ketika menyusun materi khutbah Jumat, usahakan untuk membuat materi yang lebih mudah untuk dipahami. Salah satu bentuk kemudahan tersebut adalah dengan tidak menggunakan kalimat yang berkonotasi.

Jika ingin menyampaikan suatu hal cukup disampaikan secara langsung dan jelas. Materi khutbah tidak perlu terlalu panjang, karena dapat membingungkan pendengar.

2. Tidak Banyak Menunjuk

Naluri seorang anak-anak adalah tidak suka ditunjuk dan tidak suka disalahkan. Itulah naluri mereka, sehingga dalam menyampaikan khutbah usahakanlah untuk tidak menunjuk satu orang anak pun. Ketika anak ditunjuk, anak akan sulit diajak untuk salat berjamaah lagi.

3. Tidak Terlalu Menggurui

Ceramah yang ditujukan kepada anak-anak memang tidak terlalu mudah. Seorang penceramah yang kedudukannya sebagai guru dituntut untuk tidak menggurui.

Ketika anak digurui, anak justru enggan untuk mendengarkan, karena mereka sudah terbiasa digurui oleh orangtua dan guru di sekolahnya. Bahkan, pesan yang ingin disampaikan menjadi tidak tersampaikan, karena anak akan pergi dari masjid.

Proses ceramah terhadap anak akan cukup sulit dibandingkan dengan orang dewasa. Anak-anak sering bermain di luar ketika ceramah berlangsung, bahkan di luar masjid mereka sekadar berbisik kanan-kiri dengan teman-temannya.

Meskipun seperti itu, tidak ada salahnya untuk mencoba berkhutbah yang dikhususkan untuk anak-anak.

Demikianlah materi khutbah Jumat anak-anak yang dapat menjadi wawasan dan gambaran mengenai perkembangan anak. Jika khutbah jumat yang ditujukan kepada anak terlalu sulit, maka khutbah dapat dikemas dengan memberikan khutbah kepada jemaah dewasa yang bertema anak-anak.

Misalnya, khutbah tentang sosok ayah yang berperan sebagai imam dalam kerluaga atau peran ayah sebagai seorang pencari nafkah.

Selanjutnya : Universitas Swasta atau Universitas Negeri?
Sebelumnya: Pentingnya Membuat Tagline Perusahaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar