Konsep Dasar Materi kuliah Dasar-dasar Teknologi Informasi


Di era globalisasi dengan perkembangan yang begitu pesat, teknologi informasi membuat begitu mudahnya berinteraksi dalam berbagai layanan komunikasi informasi. Di materi kuliah dasar-dasar teknologi informasi, dijelaskan pengertian teknologi informasi (TI), IT, atau infotech. Berbagai pengertian seputar teknologi informasi yang bermacam-macam bermunculan semenjak perkembangan dan munculnya ilmu ini.

Dasar-dasar Teknologi Informasi

Dalam pengertian teknologi informasi, baik secara umum ataupun khusus, tidak hanya berupa teknologi perangkat computer. Tapi juga sudah mencakup teknologi telekomunikasi. Jadi, dapatlah dikatakan bahwa teknologi informasi merupakan kombinasi antara teknologi komputer dengan teknologi telekomunikasi. Kedua hal yang mendasari teknologi informasi dapat dijelaskan sebagai berikut.

• Teknologi komputer, yaitu teknologi yang erat kaitannya dengan komputer, tidak terkecuali komponen atau perangkat yang berkaitan dengan komputer. Komputer merupakan mesin serbaguna yang dapat dikontrol melalui program dan dipakai untuk memproses data yang di input menjadi informasi.

• Teknologi komunikasi, yaitu teknologi yang berkenaan dengan komunikasi jarak jauh. Yang termasuk dalam teknologi ini seperti telepon, televisi, radio, dan sebagainya.

Dalam pengertian dasar teknologi informasi disebutkan bahwa komputer tidak selalu harus berupa PC ataupun computer portable (laptop). Tetapi juga, bisa berbentuk peralatan lain seperti televisi, ponsel, remote kontrol, dan berbagai peralatan lain yang memerlukan chip mikroprosesor.

Dalam materi dasar teknologi informasi juga dijelaskan komponen dari sistem teknologi informasi, yaitu terdiri atas hal-hal sebagai berikut.

1. Perangkat keras (hardware) yang terdiri atas unit masukan, unit pengeluaran, unit pusat pengolah/Central Procesing Unit (CPU), dan media penyimpan.
2. Perangkat lunak (software) yang terdiri atas sistem operasi dan bahasa pemrograman.
3. Manusia/perangkat cerdas (brainware), yaitu keterlibatan manusia dalam sistem komputer, baik dia sebagai programmer, analis sistem, operator, dan berbagai bentuk keterlibatan lainnya.

Selain itu, dalam materi kuliah dasar-dasar teknologi informasi juga membahas klasifikasi sistem teknologi infromasi. Diklasifikasikan menjadi menurut fungsi sistem, menurut ukuran/kemampuan, mengolah data, dan sebagainya.

Ada juga dibahas bagaimana peran penting teknologi informasi dalam mendukung aktivitas hidup manusia. Berbagai bidang faktanya membutuhkan teknologi informasi seperti perbankan, pendidikan, medis, sampai TI untuk bisnis.

Selanjutnya : Makna Perang Setelah Merdeka
Sebelumnya: Keunggulan Metode Vegetatif dalam Tanah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar