Cara Membuat Materi Permainan Game Bahasa Inggris Siswa SMP


Seorang guru dalam proses transfer ilmu harus menggunakan cara-cara yang menyenangkan dan disenangi oleh siswa. Salah satunya dengan metode permainan bahasa.

Metode ini bukanlah aktivitas tambahan untuk bersenang-senang saja, namun permainan itu termasuk dalam pengajaran dan pembelajaran. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa mengaplikasikan kemahiran bahasa yang telah dipelajari.

Contoh Materi Permainan Game

Berikut ini contoh materi permainan game bahasa inggris SMP yang sederhana.

Permainan Toples Tanya

Tujuan permainan toples tanya ini adalah untuk mengembangkan daya kritis siswa dan melatihnya menulis kalimat tanya. Adapun alat-alat yang diperlukan dalam permainan ini adalah kartu atau kertas kosong, toples, dan hadiah sebagai reward.

Adapun cara bermain dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Anda selaku guru meminta setiap siswa untuk menuliskan pertanyaan dalam bahasa Inggris sebanyak satu atau dua pertanyaan pada satu kartu, yang dilipat dan dimasukkan dalam toples.

2. Setiap siswa mengambil pertanyaan dari toples, membacanya dan maju di depan kelas.

3. Siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar mendapat nilai dan hadiah.

4. Anda selaku guru bertugas sebagai fasilitator yang akan menjawab pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh siswa.

5. Anda juga bisa membuat kalimat dengan beberapa kata kosong dan meminta siswa untuk mengisinya sehingga menjadi satu kalimat yang utuh. Misalnya, Anda memasukkan contoh kalimat  “I love to practice scales on the guiter and …….. are easy to learn”  ke dalam toples.  Siswa yang mengambil kertas tersebut mengisi titik kosong tersebut. Jika benar, berilah nilai dan hadiah.

Contoh soal yang penulis paparkan di atas adalah contoh agreement between noun and  pronoun. Sungguh permainan ini menarik bagi para siswa. Bagi Anda yang menjadi guru bisa menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami materi yang sudah disampaikan. Semoga bermanfaat.

Sungguh metode permainan bahasa memang bertujuan memperoleh kesenangan dan melatih keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis dan sastra) serta unsur-unsur bahasa (kosa kata dan tata bahasa)

Dari sini, kita juga dapat memahami bahwa materi permainan game bahasa inggris siswa SMP bukanlah sekedar kesenangan, tapi juga untuk memperoleh ketrampilan berbahasa Inggris. Sehingga tujuan pembelajaran bahasa inggris yang ingin dicapai bisa terwujud dengan maksimal. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Membuat Mebel dari Akar Pohon Jati
Sebelumnya: Memilih Nama Kelahiran Maret pada Bayi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar