Materi Psikologi Pendidikan Bagi Pendidik


Pendidikan adalah bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Setiap manusia yang dilahirkan haruslah mendapatkan pendidikan yang layak. Namun, manusia yang satu dengan lainnya tidaklah memiliki karakter dan sifat yang sama. Oleh karena itu, diperlukan materi psikologi pendidikan agar proses pendidikan yang ada bisa berjalan dengan baik.

Tinggi dan rendahnya tingkat pendidikan yang ditempuh oleh seseorang akan mampu menentukan tingkat kesejahteraan seseorang tersebut. Semakin tinggi tingkat pendidikan yang dimilikinya, maka peluang untuk hidup sejahtera juga semakin besar.Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika pendidikan yang ada bagi seluruh masyarakat di negeri ini bisa merata dengan adil dan bijaksana.

Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam sebuah proses pendidikan yang meliputi tingkat laku dari pendidik dan perilaku dari peserta didik, serta proses belajar mengajar yang sedang terjadi karena objek dari pendidikan adalah indivdu itu sendiri, maka sudah sangat wajar sekali jika peran psikologi memiliki peran yang cukup penting.

Dengan mempelajari berbagai faktor psikologi yang bisa saja terjadi dalam lingkungan belajar dan mengajar, maka kita juga bisa meningkatkan tingkat pendidikan yang ada. Adanya pemahaman terhadap psikologi yang terjadi pada individu yang masuk ke dalam lingkungan belajar tersebut, maka diharapkan juga bisa mengoptimalkan penyerapan pendidikan.

Dengan demikian, tujuan dari diadakannya pendidikan ini bisa dapat tercapai dengan lebih maksimal. Namun sayangnya, terkadang tidak semua pedidik memiliki ilmu psikologi yang cukup untuk mengoptimalkan dunia pendidikan kita.

Sebenarnya sangat disarankan bagi seorang pendidik memiliki sebuah bekal yang cukup terhadap materi yang ada di psikologi pendidikan. Hal tersebut dirasakan sangat perlu mengingat lingkungan pendidikan yang terdiri dari beragam individu.Beragamnya individu tersebut juga mengakibatkan adanya perbedaan tingkah laku antara yang satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, sangatlah disarankan bagi seorang pendidik memiliki bekal yang cukup terhadap materi psikologi pendidikan yang akhirnya bisa diterapkan dalam dunia pendidikan atau paling tidak dalam lingkungan tempat dia melakukan proses belajar mengajar.

Selanjutnya : Membaca Contoh Pidato Dakwah Agama Islam yang Bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits
Sebelumnya: Kerangka Makalah Tentang Sholat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar