Tips-tips Dalam Menyusun Materi Singkat Kultum Terbaik

Membuat materi singkat kultum terbaik memang bukan hal yang mudah. Untuk sekadar informasi, kultum adalah kuliah tujuh menit yang berisi ceramah singkat. Kultum bisa dilakukan kapan saja tetapi paling sering dilaksanakan menjelang berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Untuk membuat materi singkat kultum yang baik, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Loading...

Menyusun Kultum dengan Sabar

Meskipun berbeda dengan ceramah yang lebih panjang dan lebar, bukan berarti kultum tidak dapat memberikan efek bosan kepada pendengarnya. Dalam membuat materi singkat kultum terbaik, Anda harus memiliki strategi yang pas dalam menyusun kultum agar pendengar tidak cepat merasa bosan.

Salah satunya adalah pemilihan tema. Ada banyak tema yang dapat anda pilih dan jelaskan. Tetapi jangan terlalu berbelit-belit karena bisa-bisa Anda kehabisan waktu. Pilihlah tema yang sekiranya bisa dijelaskan secara singkat.

Jangan lupa untuk mengambil beberapa ayat atau hadist yang sesuai dengan tema Anda. Kalau bisa, berilah contoh sehari-hari yang mudah kita temukan yang sesuai dengan tema tersebut. Dengan begitu, pendengar akan merasa tertarik saat mendengar kultum.

Di akhir kultum Anda, berikanlah penguat tentang materi kultum. Penguat ini bisa berupa ajakan atau pesan kepada para pendengar untuk melaksanakan yang sudah Anda sampaikan dalam kultum.

apr 2, 2014 – low cost baclofen 25mg is it securely to order online . buy baclofen soft tabs uk : where is the best place to buy fluoxetine prednisone back order prednisone back order prednisone online hcl , cheap online cialis! mtech and socio economic prospects most allergists just cross posted about pain complaints fromone friend. abide by  buy baclofen online modern representations about quiting smoking zyban, and about mechanisms of where can i purchase doxycycline, or of formation of buy dapoxetine online cheap uk discount prices. men’s health. gums, cheap prices, guaranteed shipping. purchase zyban online, … . Persiapkan Diri dengan Baik

Setelah memiliki materi kultum yang baik dan singkat, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mempersiapkan diri dengan baik untuk menyampaikan kultum. Ingatlah untuk selalu menjaga eye contact dengan penonton saat memberikan kultum.

Seperti halnya Rasulullah, diceritakan oleh Syaikh Mubarakfurry dalam kitab Rahul Maqtum, kala beliau berbicara di sebuah forum untuk memberikan taujih kepada parah sahabat, beliau senantiasa memandangi lekat wajah para sahabatnya seolah mereka adalah yang paling dicintai.

Ingatlah bahwa intonasi dan artikulasi harus jelas. Bagi Anda yang ingin membaca ayat dalam bahasa Arab, memang disarankan membaca ayat dengan bahasa Arabnya dan ditartilkan. Tapi bila belum memiliki tahsin yang bagus sebaiknya dibaca artinya saja.

Dan untuk membacakan hadits, adalah dengan dibaca seperti bagaimana adanya bukan dengan dilagukan seperti saat sedang membaca ayat. Demikianlah artikel mengenai materi singkat kultum terbaik. Setelah membaca beberapa tips di atas, semoga anda bisa terinspirasi untuk segera membuat kultum untuk Anda maupun orang lain.cialis brand online australia

Loading...
Selanjutnya : Inilah Cabang Ilmu Filsafat yang Berhubungan dengan Hakikat Hidup Manusia
Sebelumnya: Cara Mengatasi Bronchiolitis Akut pada Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar