Materi Sosial Budaya tentang Definisi dan Hakikat Kebudayaan


Materi sosial budaya termasuk di dalam kelompok ilmu pengetahuan yang bertujuan mengetahui pengetahuan mendasar serta pengertian umum konse-konsep hubungan antar manusia sebagai mahkluk sosial dan budaya yang ada didalamnya untuk dikaji, dipelajari  beragam masalah-masalah sosial, kemanusiaan dan budaya.

Pengertian Sosial Budaya- Ahli Budayawan

Definisi yang mengacu pada konteks sosial budaya diuraikan oleh Andreas Eppink sebagai tatanan nilai yang berlaku dalam suatu masyarakat, di antaranya terdapat pemikiran intelektual dan segala sesuatu yang memiliki nilai-nilai artistik menjadi ciri khas masyarakatnya itulah yang disebut sebagai kebudayaan suatu masyarakat.

Materi sosial budaya misalnya, bagi masyarakat Jawa memiliki sugesti atau kepercayaan tentang tata nilai krama dalam keluarga. Jika ada salah satu anak ada yang dilangkahi (menikah) saudara lainnya yang lebih muda, maka wajib memberikan acara seserahan pelangkahan. Biasanya memberikan seperangkat pakaian sebagai bentuk permintaan ijin dan penghormatan pada saudara yang lebih tua. Mungkin budaya semacam ini akan beda aturannya dengan budaya masyarakat tempat lain.

Manusia dianggap sebagai makluk sosial yang memiliki adab budaya. Sehingga dianggap ciptaan yang mulia di antara makhluk lain seperti tumbuhan, hewan dan semesta alam karena sudah menjadi sifat makluk Tuhan. Seperti alam bersifat dalam wujud. Tumbuhan-bersifat wujud dan hidup. Hewan bersifat wujud, hidup, dan memiliki insting dibekali hawa nafsu. Manusia bersifat wujud, hidup, memiliki nafsu serta dianugerahi akal budi.

Hakikat Kebudayaan

Keistimewaan sisi manusia dalam menjalani kehidupan dan adab budaya dalam kemasyarakatan bisa dijabarkan sebagai berikut.

  1. Penjelmaan manusia dalam mengatasi perbagai perubahan dan masalah hidup
  2. Nilai kebudayaan lahir dari perwujudan budi pekerti luhur yang memiliki daya cipta dan karsa.
  3. Sebagai mahkluk yang berbudaya manusia harus bisa menciptakan rasa keharmonisan dalam kehidupan dunia
  4. Sebagai makhluk berbudaya manusia harus memanfaat akal budinya untuk mencapai kebahagian, baik untuk dirinya sendiri, masyarakat lainnya.

Dalam kehidupan masyarakat dianggap sebagai suatu organism yang terdiri atas bagian yang saling bergantung sebab mempunyai fungsi masing-masing dan keseluruhan. Bisa dikatakan tugas pelaku sosial adalah  melakukan analisis hubungan dan fungsi secara keseluruhan. Berikut unsur-unsur universal dalam sistem kebudayaan.

  • Adanya sistem agama dan kepercayaan.
  • Adanya sistem organisasi masyarakat.
  • Adanya sistem pengetahuan.
  • Kemampuan berkomunikasi dan bahasa meliputi seni suara, seni rupa serta seni tari.
  • Adanya sistem mata pencaharian.

Demikian uraian materi sosial budaya. Semoga menjadikan manfaat.

Selanjutnya : Makalah Pencemaran Lingkungan tentang Pencemaran Lingkungan dan Solusinya
Sebelumnya: Pro Kontra Situs Download Film Bioskop Terbaru Versi Bajakan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar