Beberapa Materi Tajwid Al Quran


Dalam proses belajar membaca Al Qur’an, kita harus mengenal tentang ilmu tajwid terlebih dahulu agar bisa lancar dalam membaca dan melafazkan Al Qur’an. Dengan menguasai materi tajwid Al Qur’an, maka kita akan bisa membaca setiap ayat dengan benar. Sebab, bahasa Arab memiliki ciri khas tersendiri. Dimana berbeda pengucapan, akan membuat arti dari sebuah kata menjadi berbeda dari yang seharusnya.

Materi tajwid Al Qur’an sendiri berisi tentang tata cara membaca Al Qur’an. Sehingga pada nantinya kita bisa mudah dalam membaca Al Qur’an dalam huruf Arab. Selain itu, kita bisa memahami panjang pendek sebuah huruf dan juga bagaimana pelafazan atau pengucapannya serta hukum ketika membaca AL Qur’an.

Makna Tajwid sendiri adalah sebuah tindakan yang dilakukan dengan baik serta indah. Bisa juga diartikan sebagai sebuah tindakan yang membuat lebih baik. Kata tajwid sendiri berasal dari bahasa Arab, yang artinya “jawwada”.

Dalam bahasa Al Qur’an, tajwid dimaknai sebagai membaca huruf tanpa meninggalkan sifat yang dipunyainya. Sehingga bisa diartikan tajwid adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang cara membaca setiap huruf yang ada di dalam Al Qur’an, sehingga bisa dibaca sesuai dengan makna yang sesungguhnya.

Materi

Dalam materi tajwid Al Qur’an, ada beberapa hal yang menjadi pokok bahasan. Antara lain adalah:

1. Makharijul huruf atau lokasi keluar masuk huruf
2. Shifatul huruf atau bagaimana cara pelafalan atau pengucapan huruf
3. Ahkamul huruf, yaitu hubungan dari masing-masing huruf
4. Ahkamul maddi wal qasr. Merupakan bahasan untuk mengetahui panjang pendek pengucapan setiap ayat yang ada di dalam Al Qur’an
5. Ahkamul waqaf wal ibtida. Merupakan ilmu yang menjelaskan mengenai huruf mana yang menjadi awalan untuk dibaca, serta dimana harus berhenti jika terdapat huruf tajwid.

Dengan memahami ilmu tajwid, diharapkan kita bisa membaca ayat-ayat Al Qur’an sesuai dengan kaidah yang seharusnya. Sehingga pada nantinya kita bisa memahami makna yang ada dari ayat-ayat tersebut, dan bisa mengetahui arti setiap surat dengan benar.

Dengan demikian, tidak terdapat kesalahan dalam penafsiran ayat-ayat tersebut. Karena jika ayat-ayat Al Qur’an dibaca dengan ejaan yang kurang benar, bisa menyebabkan kesalahan dalam penafsiran dan juga arti surat tersebut.

Selanjutnya : Sepeda Polygon Harga 1 Juta di Yogyakarta
Sebelumnya: Pertunjukkan Hewan dan Wahana Permainan Taman Safari Bogor yang Menyenangkan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar