Materi Tentang Tajwid


Istilah Ilmu Tajwid mengandung makna pengetahuan mengenai cara-cara dan kaidah membaca Al-Quran dengan baik. Ilmu Tajwid dipelajari untuk menghindari kesalahan dan perubahan dalam membaca Al-Quran dan juga untuk menjaga agar tidak terjadi kesalahan membaca Al-Quran.

Setiap umat muslim wajib menggunakan Tajwid setiap kali membaca Al-Quran. Materi tentang Tajwid dapat dipelajari dalam sebuah program khusus yang bernama program Tahsin.

Istilah Tahsin sendiri memiliki makna memperbaiki bacaan. Jadi, bila Anda ingin bisa membaca Al-Quran dengan benar sebaiknya ikutilah program Tahsin ini. Mempelajari Tadwid bisa dilakukan untuk mengisi kegiatan di bulan Ramadhan, sehingga ketika bulan Ramadhan berakhir Anda sudah bisa membaca Al-Quran dengan benar.

Selanjutnya, di bulan Ramadhan yang akan datang, Anda sudah bisa meng-khatamkan Al-Quran. Mempelajari tajwid biasanya diawali dengan mempelajari sifat huruf dan keluarnya huruf.

Materi ini merupakan materi dasar dan sangat penting karena memengaruhi pengucapan. Tempat keluarnya huruf yang dipelajari meliputi tenggorokan, lidah, bibir, rongga hidung, dan rongga mulut.

Selanjutnya masuk ke pengenalan sifat-sifat huruf, hukum-hukum yang muncul dari hubungan antara huruf yang satu dengan huruf yang lain, aturan-aturan mengenai memendekkan atau memanjangkan bacaan, aturan-aturan untuk menghentikan dan memulai bacaan, pengenalan huruf hijaiyyah, pengenalan hukum tanwin dan nun mati, dan beberapa materi sejenis lainnya.

Kemudian dipelajari pula mengenai istilah-istilah dalam Al-Quran, washal atau waqaf, bacaan-bacaan di luar kaidah, dan tanda bacaan pada mushaf Timur Tengah. Susunan materi biasanya dimulai dari yang mudah, sehingga tidak menyulitkan bagi para pemula, barulah dilanjutkan dengan materi yang lebih sulit.

Bila Anda kesulitan menemukan orang yang bisa mengajarkan Ilmu Tajwid, maka Anda bisa memanfaatkan video-video serial belajar tajwid yang bisa ditemukan di situs-situs video online, seperti Youtube, Metacafe, atau Dailymotion.

Dalam mempelajari materi tentang Tajwid sebaiknya dibimbing oleh orang lain yang sudah menguasai ilmu ini sebab tidak cukup mempelajari Tajwid dengan hanya membaca setumpuk referensi saja.

Tajwid lebih mudah dipelajari dengan mendengarkan contoh suara dan menirukan. Alangkah baiknya Ilmu Tajwid ini dipelajari sejak usia dini atau anak-anak, sehingga tidak terjadi kesalahan berlanjut yang kemudian sulit untuk dibenahi atau dihilangkan.

Selanjutnya : Materi Tentang Silaturahim
Sebelumnya: Tujuan Bisnis Plan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar