Materi untuk Les Mengenai Pecahan Kelas 5 SD


Memasuki kelas 5 SD, para siswa mulai diajarkan mengenai pecahan. Seringkali para siswa harus mengikuti les tambahan agar lebih memahami materi yang satu ini. Materi untuk les mengenai pecahan kelas 5 SD meliputi pengenalan pecahan-pecahan yang senilai.,

Membedakan pecahan campuran dengan pecahan biasa, mengubah pecahan ke dalam bentuk persentase dan sebaliknya, mengubah pecahan ke dalam bentuk desimal dan sebaliknya, membandingkan pecahan yang tidak senilai.

Menjumlahkan dan melakukan pengurangan dengan melibatkan berbagai bentuk pecahan, perkalian pecahan dengan pecahan dan bilangan asli dengan pecahan, pembagian pecahan dengan pecahan, dan memecahkan soal cerita sehari-hari yang melibatkan unsur pecahan.

Materi tentang pecahan memang cukup sulit untuk anak-anak. Karena itu, dibutuhkan metode yang tepat untuk mengajarkannya. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk memudahkan mengajar matematika adalah dengan menggunakan alat peraga. Dengan menggunakan alat peraga yang terlihat oleh indera penglihatan, maka materi yang disampaikan akan lebih mudah diingat oleh anak-anak.

Metode berikutnya adalah dengan melakukan permainan dengan memasukkan unsur matematika di dalamnya. Dengan metode ini, anak-anak bisa belajar dengan santai, sehingga matematika yang tampak begitu menakutkan menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan.

Selain penggunaan alat peraga dan permainan, sesekali pelajaran matematika bisa dilakukan di luar kelas. Misalnya saja, di halaman atau di taman. Hal ini akan menghadirkan nuansa baru yang membuat anak-anak lebih segar dan bersemangat.

Latihan-latihan soal matematika pecahan tidak selalu dikerjakan di atas kertas melainkan bisa dalam bentuk permainan atau dengan melibatkan alat peraga. Sementara itu, untuk melengkapi referensi mengenai materi matematika kelas 5 SD.

Kunjungilah situs BSE Kemendikbud (Buku Sekolah Elektronik Kementerian Pendidikan Nasional). Di situs tersebut tersedia beberapa buku pendamping matematika yang bisa diunduh.

Materi untuk les mengenai pecahan kelas 5 SD hendaknya bisa melengkapi materi yang telah diberikan guru di sekolah. Karena itu materi les ini sebaiknya dilengkapi dengan latihan-latihan soal yang melimpah untuk mengasah kemampuan anak. Seperti halnya metode pengajaran matematika, latihan-latihan soal juga bisa disampaikan dengan metode-metode tersebut.

Selanjutnya : Pengertian Surat Kabar, Majalah, Buletin, dan Jurnal
Sebelumnya: Ajaran Makna Kasih Sayang Menurut Agama Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar