Melestarikan Anggrek Hitam


Banyak himbauan agar kita ikut melestarikan anggrek hitam, karena keberadaannya hampir punah. Tahukah Anda mengapa bunga yang indah ini dinamakan anggrek hitam?

Jawabannya adalah karena bunga anggrek jenis ini memiliki lidah yang berwarna hitam dan disertaiĀ  garis-garis berwarna hijau dan berbulu.

Sepal dan petalnya juga berwarna hijau muda, sedangkan bunganya memiliki bau yang harum semerbak dan biasanya bunga anggrek hitam akan mekar pada bulan Maret hingga Juni. Bentuk daunnya sekilas mirip seperti daun tunas kelapa.

Anggrek hitam yang memiliki nama latin Coelogyne pandurata ini termasuk spesies anggrek yang hanya bisa tumbuh di Pulau Kalimantan.

Tanaman yang memiliki kekhasan ini menjadi Maskot Flora di Provinsi Kalimantan Timur. Namun sayangnya, akibat menyusutnya luas hutan di daerah Kalimantan, habitat asli dari tanaman anggrek hitam tersebut telah mengalami penurunan dalamĀ  jumlah yang cukup besar.

Namun, Anda jangan khawatir tidak bisa melihat bunga cantik ini, karena ada sebuah cagar alam Kersik Luway yang masih melestarikan anggrek hitam walaupun jumlahnya hanya sedikit.

Meskipun bunga Anggrek hitam ini identik dengan Kota Kalimantan, tetapi anggrek jenis ini ternyata tumbuh liar di Semenanjung Malaya, Sumatra, Mindanao, Pulau Luzon, dan Pulau Samar Filipina.

Bunga yang satu ini banyak berada di tangan kolektor anggrek sebagai hiasan rumah, atau sekadar koleksi. Habitat tanaman anggrek hitam adalah di tempat yang teduh dan berada di dataran rendah, menempel pada pohon-pohon tua, di dekat pantai, rawa, dan hutan basah yang ada di dekat sungai.

Cara berkembang biak anggrek hitam adalah dengan biji, namun bisa juga dikembangbiakkan dengan cara pemisahan umbi.

Pencegahan terjadinya kepunahan pada tanaman anggrek hitam ini harus diupayakan cara melestarikan anggrek hitam tersebut dengan teknik budi daya yang tepat dan efektif, salah satunya menyediakan tanaman-tanaman anggrek hitam dengan kualitas dan kuantitas yang sempurna. Teknik yang dianjurkan adalah teknik kultur in vitro.

Demikianlah informasi mengenai cara melestarikan anggrek hitam yang keberadaannya mulai punah. Anggrek hitam menjadi salah satu tanaman khas yang perlu dilestarikan dan dijaga habibatnya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi Anda yang mengoleksi tanaman anggrek.

Selanjutnya : Pengertian Cinta
Sebelumnya: Mengenali Komunikasi Defensif dan Cara Mencegahnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar