Mengenal dan Memahami Komponen di Dalam CPU


Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah CPU (Central Processing Unit) atau dalam bahasa Indonesia berarti unit pengelola pusat. CPU adalah bagian terpenting di dalam perangkat komputer, bisa dikatakan juga sebagai otaknya komputer. Akan tetapi banyak yang belum mengetahui dan memahami komponen di dalam CPU yang sebenarnya memiliki fungsi penting.

Setidaknya dengan kita mengetahui dan sedikit memahami komponen-komponen yang terdapat di dalam CPU, kita juga bisa sedikit mengerti penyebab kerusakan serta penanganan pertama saat terjadi kerusakan pada komputer. CPU sendiri terdiri atas beberapa komponen yang bekerja sama sehingga terciptalah kinerja komputer seperti yang kita nikmati sekarang ini. Berikut ini merupakan komponen-komponen yang ada di dalam CPU, seperti:

1.  Prosesor

Prosesor merupakan otak dari komputer. Prosesor selalu berkembang setiap waktu dan banyak perusahaan yang bergerak dibidang prosesor bersaing untuk menciptakan prosesor terbaru dan lebih canggih. Prosesor terbagi atas tiga bagian yaitu:

a.  ALU atau Arithmatics Logical Unit merupakan bagian yang berhubungan dengan semua perhitungan di dalam komputer

b.  CU atau Control Unit merupakan pengatur perjalanan data dan hitungan yang berlangsung di dalam komputer, dan

c.  MU atau Memory Unit merupakan tempat penyimpanan sementara data  dan mempersingkat proses yang akan dilakukan oleh prosesor.

2.  Motherboard

Motherboard dalam istilah bahasa Indonesia adalah papan utama. Semua komponen komputer akan dihubungkan dan ditancapkan pada motherboard. Bentuk dari motherboard ini memang mirip seperti bentuk papan.

3.  Memory

Memory merupakan tempat penyimpanan data, semua data yang masuk begitu juga dengan program akan disimpan terlebih dahulu di dalam memori utama. Memori utama ini biasanya disebut RAM.

Mengenal dan memahami komponen di dalam CPU bisa dilakukan secara perlahan. Ada beberapa komponen kecil lainnya selain tiga komponen utama yang sudah disebutkan di atas. Buku-buku mengenai pemahaman komponen-komponen CPU sudah banyak beredar dan bisa kita dapatkan jika ingin memahami lebih lanjut mengenal komponen-kompnen dari CPU. Hal terpenting dalam kepemilikan perangkat komputer adalah cara pemakaian yang bijak dan perawatan yang baik.

Selanjutnya : Cerita Princess Belle yang Sangat Menarik
Sebelumnya: Kisah Teladan Para Nabi – Nabi Yahya dan Iblis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar