Memahami Perbedaan Pengertian Bimbingan dan Konseling


Kita tentunya sudah tak asing mendengar istilah bimbingan dan konseling. Kedua konsep tersebut sering dianggap sebagai satu makna atau pengertian yang sama. Terutama, di sekolah-sekolah sehingga ada sebutan guru BK, yaitu guru yang bertanggung jawab dalam tumbuh kembang psikologis para pelajar. Tetapi, sebenarnya pengertian bimbingan dan konseling punya makna dan ruang lingkup kerja berbeda.

Perbedaan Pengertian

Anggapan bahwa bimbingan dan konseling merupakan satu pengertian yang sama, bisa jadi dikarenakan keduanya punya tujuan serupa. Yakni, sama-sama merupakan upaya untuk membantu seseorang dalam mengenal dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Diharapkan dengan memahami potensi dan kemudian mengaktualisasikannya, segala permasalahan dalam tumbuh kembang psikologis seseorang dapat teratasi.

Begitu erat hubungan antara keduanya, membuat kegiatan bimbingan pasti akan diikuti dengan upaya konseling. Begitu juga sebaliknya, sehingga bimbingan dan konseling terintegrasi sebagai satu kesatuan. Saling berkaitan atau dianggap identik satu sama lain.

Padahal, jika kita membedah pengertian di antara keduanya, bimbingan dan konseling memiliki perbedaan prinsip dalam hal teknik kerja maupun dasar-dasar teorinya. Hal ini membuat kedua istilah tersebut punya makna yang jelas berbeda. Tidak bisa dianggap serupa.

Apa saja perbedaannya? Bimbingan atau guidance merupakan upaya dalam memberikan pendidikan atau pengetahuan kepada seseorang. Tujuannya, agari a dapat tercerahkan dari sesuatu yang awalnya tidak diketahui atau dimengerti. Adapun perbedaan bimbingan dengan pemberian pendidikan di sekolah-sekolah pada umumnya, terletak pada sifat bimbingan yang individual.

Jadi, ketika seseorang secara individu mendapatkan suatu bentuk layanan berupa pemberian pendidikan atau pengetahuan, maka itu berarti ia sedang memperoleh bimbingan (guidance).

Sedangkan, konseling atau counseling adalah salah satu metode atau teknik dalam psikoterapi. Yakni, cabang ilmu psikologi yang membantu seseorang dalam memberikan solusi bagi masalah psikisnya.

Sebagai bagian dari psikoterapi, konseling sejatinya merupakan suatu bentuk komunikasi mendalam (deep communication) ketika menganalisis masalah psikis seseorang. Setelah ditemukan, dirumuskan cara-cara efektif untuk menghilangkan gangguan psikis tersebut.

Berdasarkan uraian pengertian bimbingan dan konseling, memang terlihat hubungan keduanya, yaitu konseling merupakan bagian dari suatu bentuk bimbingan. Dalam bimbingan,pasti terdapat tindakan konseling. Bahkan, dapat dikatakan bahwa konseling adalah bagian utama dari proses bimbingan yang efektif. Hanya saja, hubungan antara keduanya tidak lantas membuat kita menyamakan istilah bimbingan dan konseling. Jelas, bukan?

Selanjutnya : Cara Beli Tanah
Sebelumnya: Cara Mempelajari Ilmu Menggerakkan Benda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar